indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Rabu, 27 April 2016

Madiun Bangun Kawasan Tiru Paris Van Java - Bandung

Rabu, 27 April 2016

Print Friendly and PDF
Mall Paris Van Java - Bandung 

Madiun Bangun Kawasan Tiru 
Paris Van Java - Bandung

MADIUN – Niat Pemkot Madiun mem-face-off lahan parkir Sumber Umis kian bulat.Di tanah lapang itu bakal didirikan pusat perbelanjaan yang berkiblat ke mal Paris Van Java (PVJ) di Kota Bandung. Tidak mau tanggung, anggaran senilaiRp 25 miliar hingga Rp 40 miliar disiapkan.‘’Anggaran akan kami sediakan, rentangnya lebih kurang 40 miliar-lah,’’ kata Wali Kota Madiun Bambang Irianto (BI), kemarin.

Dia terang-terangan jatuh hati ke penataan PVJ. BI selama ini sudah rela ulang-alik Madiun- Bandung. Paling akhir, dia mengajak rombongan wartawan ke mal di Jalan Sukajadi itu. Wali kota mengaku sudah menakar dengan seksama pembangunan Madiun Van Java (MVJ) –mengekor nama PVJ-- di lahan parkir Sumber Umis kelak.‘’Semuanya untuk warga Kota Madiun, bukan untuk kepentingan saya,’’ jelasnya.

Namun, BI menyebut MVJ tidak akan sama persis dengan PVJ. Kendati ada sejumlah bagian yang diadopsi. Mulai konsep open air hingga pemanfaatan membran besar. Pun, lokasi nongkrong, deretan kafetaria dan restoran yang berlabel menengah, serta gerai makanan tradisional. ‘’Saya minta lebih bagus dari PVJ dengan suasana yang beda,’’ ungkapnya.

Menurut dia, MVJ disiapkan menyambut pembangunan tol Mantingan-Kertosono. Kendati jalan bebas hambatan itu diakui tidak melintasi Kota Madiun. BI berdalih geliat ekonomi di Bandung tidak lepas adanya tol Cipularang. Sebab, waktu tempuh Jakarta-Bandung lebih cepat. Perjalanan dari Jakarta ke Bandung yang biasanya butuh waktu tiga jam, kini hanya 90 menit jika lewat kawasan Cawang. ‘’Coba lihat di parkiran itu, mobil dari Jakarta kan yang banyak masuk. Ini menandakan kalau jarak sekarang bukan lagi kendala,’’ terang BI sembari menunjuk area parkir di PVJ.

Sekda Kota Madiun Maidi mengatakan,detail engineering design (DED)Madiun Van Java tahun ini sudah berjalan.Sesuai rencana, proyek yang menganut sistemmultiyears itumulai start 2017 mendatang. Pemkot sengaja menggandeng tim ahli dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.‘’Modifikasi dari PVJ di Bandung tapi tetap bergaya Eropa. Kami tidak menjiplak, hanya redesain untuk disempurnakan,’’ paparnya.

Maidi berani menjamin pembangunan MVJ tidak mematikan fungsi saluran air yang membentang di bawah area parkir Sumber Umis mengarah ke Bengawan Madiun. Pemkot bakal membangun bak kontrol ukuran jumbo. Muncul usulan agar saluran itu dipertahankan dengan pembersihan total. ‘’Yang jelas, fungsi saluran itu tidak terganggu, sebaliknya semakin di sempurnakan,’’ tegasnya.

Sekda juga meyakini pemilihan lokasi MVJ di Sumber Umis sudah pas. Sebab, dekat dengan dua mal di Kota Madiun serta outlet makanan dan hiburan di sisi utara. Dengan begitu, kawasan tersebut layak disebut surga belanja, kuliner, dan layanan jasa.‘’Ini demi mendorong Kota Madiun menjadi metropolis Jatim bagian barat,’’ yakinnya.

Kata dia, outlet di MVP tidak hanya diisi brand-brand mahal dan terkenal. Melainkan juga menyediakan makanan tradisional. Nasi pecel menjadi menu wajib. Dia menyebut hadirnya tol Mantingan-Kertosono perlu disikapi dengan peningkatan infrastruktur di Kota Madiun. Lagi-lagi dia ambil contoh perekonomian Kota Bandung yang langsung terkerek pasca tol Cipularang beroperasi 2006 silam. ‘’Kota Madiun harus berbenah, jangan sampai menjadi kota mati atau kota transit saja. Sebaliknya, bagaimana membuat kunjungan meningkat dan mereka membelanjakan uangnya di sini,’’ terangnya.


Sementara itu, Staf Ahli Kota Bandung Bidang Ekonomi dan Keuangan Dadang Guntina merinci pendapatan asli daerah (PAD)-nya tembus Rp 2,2 trilun, pada 2015 lalu. Progresnya selalu meningkat saban tahun. PAD paling banyak disumbang sektor pajak. Hadirnya tol Cipularang, kata dia, ikut mendorong warga Jakarta berbondong-bondong pergi ke Bandung setiap Jumat petang hingga Minggu untuk berakhir pekan. Selain berbelanja, juga berwisata. ‘’Tol itu memudahkan warga ibu kota ke Bandung sehingga semakin besar PAD kita dari sektor pajak,’’ paparnya. (pra/hw)






















Link :
http://www.radarmadiun.co.id/detail-berita-2227-bangun-kawasan-tiru-paris-van-java.html

Kembali : BERITA
Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Ensiklopedi Indonesia



Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Traveling Kita

Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Copyright ©2015 - 2017 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA