indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Selasa, 12 April 2016

7 Alasan Yang Bisa Buat Kita Berpikir Kalau Ibu Susi Pantes Jadi Presiden Republik Indonesia Selanjutnya !  

Selasa, 12 April 2016

Print Friendly and PDF

CONTRIBUTOR
PANGKI PANGLUAR


7 Alasan Yang Bisa Buat Kita Berpikir Kalau Ibu Susi Pantes Jadi Presiden Republik Indonesia Selanjutnya !ppp 
Gayanya yang Nyentrik, Nyeni, Humanis, sekaligus Demokratis, bukan berarti Ia nggak tegas dalam mengambil sikap. Ini terbukti lewat Kepemimpinan di Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), Ibu satu ini dianggap sebagai salah satu Menteri Kabinet Kerja Jokowi yang dinilai berhasil Kinerjanya dalam menurunkan harga Ikan di Pasaran, serta meningkatkan Kualitas, dan Pendapatan Para Nelayan Indonesia.

Btw, jadi berkhayal sebenarnya Ibu Susi Pudjiastuti pantes apa nggak, jika jadi Presiden Republik Indonesia (R.I), selanjutnya ? Walaupun masih lama Pemilihan Presidennya, Kayanya nggak apa juga, kalau Kita bahas topik ini. Secara Beliau Perempuan Indonesia, dan Momentnya sebentar lagi juga mau Kartinian, jadi sah aja, milih topik ini, untuk Kita bahas.

Dalam
7 Alasan Yang Bisa Buat Kita Berpikir Kalau Ibu Susi 
Emang Pantes Jadi Presiden Republik Indonesia Selanjutnya !


Sekilas Tentang Ibu Susi Pudjiastuti

Susi dan Pesawat Perintis Cessna - Susi Air
Susi Pudjiastuti (lahir di Pangandaran, 15 Januari 1965; umur 51 tahun) adalah seorang Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019 yang juga pengusaha pemilik dan Presdir PT ASI Pudjiastuti Marine Product, eksportir hasil perikanan dan PT ASI Pudjiastuti Aviation atau penerbangan Susi Air dari Jawa Barat.

Hingga awal tahun 2012, Susi Air mengoperasikan 50 pesawat dengan berbagai tipe seperti 32 Cessna Grand Caravan, 9 Pilatus PC-6 Porter dan 3 Piaggio P180 Avanti. Susi Air mempekerjakan 185 pilot, dengan 175 di antaranya merupakan pilot asing. Tahun 2012 Susi Air menerima pendapatan Rp300 miliar dan melayani 200 penerbangan perintis.

Masa kecil dan pendidikan


Susi dan Keluarga
Susi lahir pada 15 Januari 1965 di Pangandaran. Ayahnya bernama Haji Ahmad Karlan, dan Ibunya bernama Hajjah Suwuh Lasminah, keduanya berasal dari Jawa Tengah, namun sudah lima generasi hidup di Pangandaran. Keluarga Susi memiliki usaha ternak, memperjualbelikan ratusan ternak dari Jawa Tengah untuk diperdagangkan di Jawa Barat. Kakek buyutnya adalah Haji Ireng, yang dikenal sebagai tuan tanah di daerahnya.

Setelah mengenyam pendidikan hingga tingkat SMP, Susi melanjutkan pendidikannya ke SMA Negeri 1 Yogyakarta, namun berhenti di kelas 2 karena dikeluarkan dari sekolah akibat keaktifannya dalam gerakan Golput

Bisnis


Bisnis Susi Pudjiastuti I Via : http://nasional.kontan.co.id
Seputus sekolah, Susi menjual perhiasannya dan mengumpulkan modal Rp.750.000 untuk menjadi pengepul ikan di Pangandaran pada tahun 1983. Bisnisnya berkembang hingga pada tahun 1996 Susi mendirikan pabrik pengolahan ikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product dengan produk unggulan berupa Lobster yang diberi merek "Susi Brand". Bisnis pengolahan Ikan ini pun meluas dengan pasar hingga ke Asia dan Amerika. Karena hal ini, Susi memerlukan sarana transportasi udara yang dapat dengan cepat mengangkut produk hasil lautnya dalam keadaan masih segar.

Pada 2004, Susi memutuskan membeli sebuah Cessna Caravan seharga Rp 20 miliar menggunakan pinjaman bank. Melalui PT ASI Pudjiastuti Aviation yang ia dirikan kemudian, satu-satunya pesawat yang ia miliki itu, Ia gunakan untuk mengangkut Lobster dan Ikan segar tangkapan nelayan di berbagai pantai di Indonesia ke pasar Jakarta dan Jepang. Call sign yang digunakan Cessna itu adalah Susi Air.

Bisnis Susi Pudjiastuti II

Sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di Kabinet Kerja (2014)



Susi Pudjiastuti ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla, yang ditetapkan secara resmi pada 26 Oktober 2014. Sebelum dilantik, Susi melepas semua posisinya di perusahaan penerbangan Susi Air dan beberapa posisi lainnya, termasuk Presiden Direktur PT. ASI Pudjiastuti yang bergerak di bidang perikanan serta PT ASI Pudjiastuti Aviation yang bergerak di bidang penerbangan untuk menghindari konflik kepentingan antara dirinya sebagai Menteri dan sebagai Pemimpin Bisnis atau CEO Perusahaan. Selain itu, alasan lain Susi melepas semua jabatannya adalah agar dapat bekerja maksimal dalam menjalankan pemerintahan, khususnya di Bidang Kelautan dan Perikanan.

Link :
https://id.wikipedia.org/wiki/Susi_Pudjiastuti



Dari sekilas Biografi Di atas, mungkin rasanya Kita belum juga merasa cukup, untuk ngenal Ibu Susi lebih lengkap dan beserta 7 Alasannya Yang Bisa Buat Kita Berpikir Kalau Ibu Susi Pantes Jadi Presiden Indonesia Selanjutnya !



1. Punya Sikap Tegas
Salah satu yang bisa Kita dapetin dari alasan ini adalah Bahwa Ibu Susi punya sikap tegas dalam bertindak. Ini dibuktikannya dengan banyak Kapal Pencuri yang sengaja ditenggelamkan jika Ia berani dateng ke Perairan Nusantara, yang begitu Potensial, dengan tanpa izin untuk mengambil Ikan di Perairan Indonesia.



Sikapnya emang nggak main – main. Nggak ada kata ampun untuk Pencuri Ikan, walau itu berasal dari Negara Adikuasa sekalipun, pastinya langsung ditenggelamkan. Nggak pandang bulu, seperti bentrok yang terjadi beberapa waktu lalu antara Kapal Patroli Angkatan Laut Indonesia yang jaga perairan Indonesia di Laut Natuna, harus berhadapan dengan Kapal Asing China, dan membuat Negara China marah, karena Anak Buah Kapalnya (ABK) harus ditahan oleh Pemerintah R.I.


Menurut Ibu Menteri satu ini : “Ia bekerja berdasarkan Amanah Undang – Undang maupun Peraturan”. Jadi kegiatan mengambil Ikan di Perairan Indonesia tanpa izin adalah bentuk Ilegal Fishing. Sehingga wajar aja Kalau Pemerintah lewat Kementrian Perikanan dan Kelautan harus bertindak. Hal ini juga menyangkut masalah Kedaulatan Indonesia yang nggak boleh diinjak oleh Negara manapun, dan Negara Asing harus menghormati itu.

Bukan Ibu Susi aja Happy, Masa Kita Nggak Happy ? - : http://nasional.kontan.co.id

Hasilnya Jumlah tangkapan Ikan di Perairan Indonesia makin meningkat di bawah Kepemimpinannya, dan ini terbukti banget Harga Ikan Laut di Pasaran jadi lebih murah, serta Kehidupan Ekonomi Nelayannya juga makin meningkat. Hasilnya Kita jadi lebih mudah makan Ikan Marlin, Tuna, Kerapu, Lobster, yang pastinya sarat akan Nilai Gizi, dan Protein.















2. Punya Sikap Sosial



Sebagai Seorang Pemimpin Perusahaan PT. ASI Pudjiastuti yang bergerak di bidang perikanan, Ibu satu ini sangat mencintai apa yang menjadi concernnya di Bidang Perikanan. Ada pepatah yang bilang Jika Kita Mencintai Pekerjaan, Konsisten dengan Apa Yang Kita Kerjakan dalam hal Kebaikan, Maka secara lambat laun Ia melalui pekerjaannya akan mencintai Tuhan dan sesama Manusia (Pekerjaan adalah Ibadah).

Hal ini membuktikan bahwa menjadi seorang CEO suatu Perusahaan yang sukses, harus dapat bersinergi antara Kecerdasan Intelegensi, Emotional, dan juga Spiritual. Bukti  nyatanya bisa dilihat deh dari Warren Buffet, Mark Zuckerberg, Bill Gates, yang tetap milih hidup sederhana dan lebih berbuat sesuatu untuk Dunia, walaupun Mereka pastinya bergelimang harta.

Di Indonesia, Ibu Susi Pudjiastuti mungkin salah satunya. Ketika Tsunami melanda Aceh, Ia adalah salah satu pelopor Bantuan untuk Rakyat Aceh yang sangat membutuhkan Bahan Pangan, dan Kebutuhan Pokok lainnya di kala itu.

Aksinya juga nggak nanggung, bersama dengan Suaminya, Mereka terjun langsung ke Meulaboh, dan beberapa tempat lainnya di Aceh untuk  memberikan bantuan dengan Kapal Cessna mereka. Walaupun medannya tidak memungkinkan bagi Kapal Cessna untuk mendarat, akibat landas pacu yang rusak purah, tetapi akhirnya Mereka tetap mendarat.

Setelah mendarat Kapal Cessna miliknya sering disewakan oleh para NGO atau LSM Asing yang dateng ke tempat ini untuk memberikan bantuan kepada Warga Aceh yang membutuhkan pasca Tsunami. Inilah cikal bakal dari Pendirian Susi Air, yang berasal dari Nama Depan Ibu Susi sendiri. Ketika para Volunteer Asing make Pesawat Cessna, yang dahulu digunakan untuk kebutuhan Perusahaan Perikanan Miliknya. Kini Kapal Terbang jenis Cessna ini, melayani sejumlah penerbangan Perintis di Indonesia.


Aksi Ibu Susi ini, ternyata juga bukan hanya sekali ini saja. Keberpihakan kepada Orang Kecil, dan Rakyat Kebanyakan, yang menjadikan Para Nelayan di Pangandaran menjadi lebih baik. Pangadaran adalah Rumah dan Tanah Asal dari Ibu Menteri ini.















3. Punya Sikap Idealis


Coba Bandingin Sama Yang Sebelahnya !
Kalau Kalian tahu, kenapa Ia keluar dari SMA 1 Teladan Yogyakarta adalah karena Ia emang nggak tahan dengan tindakan sewenang dari Pemerintah di kala itu, yang menyuruh Rakyatnya harus milih Satu Partai ketika Pemilihan Umum. Akhirnya Ibu Susi menjadi giat untuk menyuarakan Kampanye Golongan Putih, dan sering terlibat dalam kegiatan Golput untuk Pemilhan Umum.

Ini adalah alasan, Ia dikeluarkan dari Sekolah, dan tidak menamatkan bangku Sekolah Menengah Umumnya. Sebagai Individu, Ia pastinya memiliki sikap Idealis, dan punya Integritas yang tinggi. Terlebih jika Masalah itu menyangkut Kejujuran.

Beberapa kali bentrok sesama Menteri di Kabinet Kerja yang menyangkut Konflik Kepentingan, nggak Ia hiraukan. Undang – Undang, dan keberpihakan pada Orang banyak, pasti menjadi prioritasnya !





















4. Wanita Yang Cerdas


SMA Tempat Menimba Ilmu Bu Susi Hingga Kelas Dua
Jika di Inggris Dunia Punya Margaret Thatcher sebagai Iron Lady, Indonesia pastinya punya Ibu Susi Pudjiastuti sebagai Fish lady, yang siap berjuang mati - matian untuk Para Nelayan dan Perairan Indonesia. Bu Susi adalah salah satu Menteri yang berhasil menerapkan Gaya Kepemimpinannya yang dinilai Tegas, Idealis, dan juga Smart.

Pinter nggak harus melulu tentang Pendidikan Formil, dan kiranya Kita juga setuju bahwa Pelajaran Hidup kayanya lebih penting, (better than), Pendidikan Formil yang Kita ambil di Sekolah dulu. Pastinya tanpa melewatkan bahwa Pendidikan Formal juga penting !

Walaupun cuman Tamatan SMP, karena SMAnya nggak lulus, bukan berarti Ia kagak pinter, dan punya Otak yang brilliant. Buktinya, ketika SMA dulu ia masuk SMUN 1 Yogyakarta, yang menjadi SMA Teladan dan Unggulannya di Kota Gudeg. Ini juga yang jadi bahan pembuktian bahwa Ia dapat mengelolah dan memimpin PT ASI Pudjiastuti Marine Product, dan PT ASI Pudjiastuti Aviation menjadi salah satu Perusahaan yang cukup diperhitungkan di Indonesia.

Susi "The Fish Lady" Pudjiastuti

Pernahkah Kita Berpikir Bahwa di Zaman ini, Wanita seperti Ibu Susi Pudjiastuti adalah Wanita dengan Perbandingan 1 juta : 1 di Dunia, terutama mengenai statusnya yang cuman tamatan SMP, tapi bisa menjadi Menteri di Indonesia ?

5. Sikap Demokratis



Sikap Demokratis juga sering dilakukan oleh Ibu Susi, terutama ketika itu berkaitan langsung dengan kepentingan Para Nelayan. Ia mengijinkan Penuh Para Nelayan untuk menangkap hasil tangkapan di Perairan Indonesia, selama tidak merusak Ekosistem dan Lingkungan.

Langkah Demokratisnya juga ia terapkan pada Kementrian yang ia Pimpin. Terutama dengan melakukan Briefing, sebelum masuk Jam Kantor, agar setiap Karyawan dapat menyampaikan keluhan dan inovasi terhadap permasalahan yang terjadi di Kementrian ini.


6. Sikap Low Profile



Sikap apa adanya dan terkesan nggak sombong juga menjadi ciri khas Ibu Susi. Hal ini Ia selalu ucapakan, Ketika Beliau diwawancarai mengenai statusnya yang hanya Tamatan SMP, dan sebagainya.


Walaupun terkadang nyeleneh, nyentrik, dengan Gaya Pergaulan Baratnya, namun belakangan ini, Ia mulai membatasi, ketika menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Ia menyatakan bahwa Ia dapat menjadi Wanita yang Santun, karena Ia juga hidup dan tumbuh dalam Budaya Jawa.


Yang bikin salut dari Ibu Susi adalah Ia mau terjun langsung ke Lapangan, tanpa pandang bulu ngeliat situasi. Aksinya bisa dilihat ketika Ia ikut ambil bagian dalam menenggelamkan Kapal pencuri Ikan di Perairan Indonesia hingga Aksi Heroik menggendong Sang Ibu, menuju Helikopter.


7. Bagi Kaum Hawa Kayanya Butuh Bu Susi Sebagai Presiden Masa Kini !



Bagi Kaum Hawa Kayanya butuh Bu Susi jadi Presiden Masa Kini. Secara Indonesia, sejak kepemimipinan Ibu Megawati Soekarnoputri sebagai Presiden R.I, belum ada lagi yang gantiin perannya.

Kayanya Para Kaum Hawa dapet pertimbangin, kalau Ibu Susi bisa jadi cerminan Kartini Masa Kini banget ! Dan bukan hanya itu, tetapi juga bahwa Ibu Susi dinilai punya Sikap Yang tegas, Jujur, Berintegritas, Humanis, Keberpihakan pada Rakyat dan Orang Kebanyakan, serta Demokratis. Rasanya ini yang membuat Ia pas untuk jadi Presiden R.I selanjutnya ... !

Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Ensiklopedi Indonesia


Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>



Traveling Kita

Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Copyright ©2015 - 2017 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA