indonesaEnglish


Rabu, 02 Maret 2016

Stasiun Citayam

Rabu, 02 Maret 2016


Gambaran Umum

Stasiun Citayam (CTA) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Pabuaran, Bojonggede, Kabupaten Bogor. Stasiun ini berada di Daerah Operasi I Jakarta. Di seberang Jalan Raya Citayam dari stasiun ini ada pusat perbelanjaan Pasar Citayam. Dari sini ada percabangan ke Nambo. Jalur ini awalnya dibuat untuk membuat jalur loopline dari Stasiun Parung Panjang hingga Stasiun Cikarang. Namun karena krisis hebat pada tahun 1998 dan jatuhnya presiden Soeharto, maka jalur ini menganggur selama 2 tahun.

Setelah 2 tahun, PT Kereta Api mengoperasikan KRD Manggarai-Nambo pp. Sayangnya karena kereta yang sudah kuno dan okupansi yang rendah maka jalur ini ditutup pada 2006. Saat ini jalur ini sudah diaktifkan kembali. Jalur ini resmi beroperasi pada tanggal 1 April 2015 dan menggunakan KRL Commuter Line Nambo-Duri pp.


Dahulu ke utara stasiun ini ada halte bernama Halte Pondok Terong. Halte itu ditutup pada dekade 1990-an karena okupansi yang minim dan juga karena pembangun jalur ganda Jakarta-Bogor. Hingga saat ini bekas peron stasiun itu masih ada. Perjalanan KRL Commuter Line yang baru beroperasi dilakukan 10x dalam sehari. Stasiun ini merupakan stasiun transit menuju Stasiun Cibinong atau Stasiun Nambo.

Kereta api

- Red Line Local/Express: tujuan Bogor dan Jakarta Kota
- Yellow Line Local/Express: tujuan Bogor dan Jatinegara
- Yellow Line Local/Express (Kampung Bandan Branch)
- Yellow Line Local/Express (Nambo Branch): tujuan Nambo dan Duri
- Yellow Line Local/Express (Duri Branch): tujuan Bogor dan Duri


















STASIUN TERKAIT

Lokasi

Link :

https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Citayam

Kembali : STASIUN



Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2024 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA