indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Minggu, 06 Maret 2016

Bersiaplah Mengunjungi 8 Tempat Terbaik Indonesia Ini Untuk Melihat Gerhana Matahari Total  

Minggu, 06 Maret 2016

Print Friendly and PDF

CONTRIBUTOR
PANGKI PANGLUAR

Bersiaplah Mengunjungi 8 Tempat Terbaik Indonesia Ini Untuk Melihat Gerhana Matahari Total

Via Detik.Com

Tanggal 9 Maret 2016 nanti, di Indonesia bakal terjadi Fenomena Gerhana Matahari Total. Beberapa Daerah di Indonesia menjadi tempat perlintasan bagi Fenomena Langka ini. Walaupun di Indonesia beberapa kali kerap dilintasi oleh Gerhana Matahari Total, tetapi fenomena kali ini, menjadi teristimewa. Pasalnya beberapa Daerah Terbaik di Indonesia akan dilewati Gerhana Matahari Total, dan beberapa Tempatnya mempunyai waktu terlama untuk melihat Gerhana Matahari Total Secara Penuh. Hal ini akan menjadi Fenomena Langka, di mana Kamu hanya bisa melihatnya lagi di 7 Tahun mendatang.

Berikut Kami Hadirkan
8 Tempat Terbaik Indonesia Ini Untuk Melihat Gerhana Matahari Total.





Sekilas Tentang Gerhana Matahari 9 Maret 2016


Pada 9 Maret 2016, sebagian besar Pasifik, meliputi Indonesia, Malaysia, dan negara lainnya di Asia Tenggara dan benua Australia akan dapat menyaksikan Fenomena Gerhana Matahari secara Total dan Parsial. Gerhana Matahari Total dianggap sebagai salah satu fenomena alam paling mengesankan yang terjadi di Bumi. Di Timur Samudera Pasifik, gerhana matahari total akan terjadi selama lebih dari 4 menit. Sedangkan, garis kuning menunjukkan daerah dengan gerhana matahari parsial

Sebagian besar India dan Nepal akan mengalami gerhana matahari parsial. Sementara itu, Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Papua Nugini akan dapat menyaksikan lebih dari 50% gerhana parsial. Sedangkan Kamboja, Myanmar, Vietnam dan Thailand akan melihat sekitar 50% gerhana matahari parsial. Sementara Australia, China, Jepang dan Alaska akan mendapatkan kurang dari 50% gerhana parsial.

Menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, Gerhana matahari total ini pernah terjadi sebelumnya di Indonesia, yaitu pada 1983, 1988, dan 1995. Gerhana matahari total yang akan terjadi pada 9 Maret 2016 diperkirakan baru akan terjadi lagi pada 2023.

Gerhana Matahari Total ini akan bisa disaksikan dengan jelas di 12 provinsi dari Indonesia bagian barat sampai timur, dan beberapa Daerah di Indonesia juga dapat menikmati Gerhana Matahri secara Parsial. Untuk wilayah Indonesia bagian barat, waktu puncak terjadinya gerhana adalah pada pukul 07.20 WIB. Untuk Indonesia bagian tengah, puncak gerhana matahari total akan terjadi pada pukul 08.35 WITA. Sedangkan untuk Indonesia bagian timur, puncak gerhana ini akan terlihat pada pukul 09.50 WIT, di mana Ternate menjadi Daerah Terlama yang dilewati oleh Fenomena Langka ini.

Provinsi yang penduduknya bisa melihat gerhana matahari total adalah Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, dan Kalimantan Barat. Selain itu, wilayah lain, seperti Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tengah, serta Maluku Utara.

Wilayah Indonesia lain yang tidak berada di 12 provinsi tersebut akan tetap bisa menyaksikan gerhana matahari meski hanya sebagian yang terlihat. Menurut LAPAN, gerhana matahari total itu hanya akan terlihat selama 1,5-3 menit

Link :
https://id.wikipedia.org/wiki/Gerhana_matahari_9_Maret_2016

Berikut Kami Hadirkan

8. Tempat Terbaik Indonesia Ini Untuk Melihat Gerhana Matahari Total.

1. Bengkulu


Bengkulu adalah wilayah pertama yang dilintasi gerhana matahari total pada 9 Maret 2016 nanti. Benteng Marlborough, menjadi pusat kegiatan untuk melihat fenomena langka ini. Bahkan Pemerintah Daerah menyediakan teropong untuk melihat Fenomena Gerhana Matahari Total.

Seperti yang dikonfirmasikan, Pemerintah Provinsi Bengkulu mengajak masyarakat maupun wisatawan untuk menyaksikan secara bersama Fenomena Gerhana Matahari pada tanggal 9 Maret mendatang. Dari 12 provinsi di Indonesia yang dilintasi gerhana matahari, Provinsi Bengkulu merupakan wilayah pertama yang dilintasi gerhana matahari total (GMT) dengan kepekatan 1,008 magnitundo, dengan kategori sangat pekat.

Gerhana matahari total pada posisi lintasan titik nol ini terjadi di Kabupaten Muko-muko tepat pada pukul 07.19, yang disebut sebagai puncak gerhana, dimana bulan akan menutupi matahari secara penuh. Kota Bengkulu sendiri, gerhana matahari juga terjadi meski tidak sepekat Muko-muko.

Meski tidak sepekat di Muko-muko, matahari akan tertutup 90% di kota Bengkulu, jadi sebenarnya hampir sama dengan di Muko-muko, hanya selisih 10%. Jadi bersiaplah untuk mengunjungi tempat terbaik untuk melihat fenomena langka ini.

Via Pemrov Bengkulu

Link :
http://travel.detik.com/read/2016/03/05/091616/3158029/1382/bengkulu-siap-jadi-wilayah-pertama-yang-dilintasi-gerhana-matahari-total

2. Palembang – Sumatera Selatan



Palembang menjadi Kota Perlintasan Kedua yang bakal dilewati Gerhana Matahari Total. Mulai saat ini kamu bisa menyiapkan untuk mencari itinerary tempat liburan yang lapang di kota tersebut untuk dapat menyaksikan fenomena gerhana matahari total lebih leluasa. Gerhana matahari total di Palembang diperkirakan akan mulai terjadi sejak pagi dan mengalami puncaknya pada pukul 07.25 WIB yang mana durasi matahari tertutup bulan secara penuh akan berlangsung selama 1 menit 50 detik.

Setelah gerhana selesai jangan langsung pulang sebab banyak sekali destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi salah satunya adalah Museum Balaputra Dewa yang mana di sana ada rumah adat yang fotonya nampang di pecahan uang kertas nominal Rp. 10 ribu. Sejumlah Objek Wisata lainnya juga bisa kamu kunjungi setelah melihat Fenomena Langka di Kota ini. Sajian Kuliner di sepanjang Sungai Musi bisa jadi rekomendasi bagus, bagi Para Pecinta Kuliner. Terlebih dengan background Icon Jembatan Ampera yang bisa buat nambah Foto Selfie Terbaik Kamu di Sosmed.

Link :
http://travelingyuk.com/gerhana-matahari-total/


















3. Bangka Belitung



Beralih ke sisi timur Palembang, traveler juga bisa menikmati gerhana matahari total di pulau Bangka. Bahkan ada beberapa operator tur yang menawarkan liburan gerhana yang dimulai sejak tanggal 8 Maret mendatang di mana fokus pengamatan akan dilakukan di Pantai Penyak yang ada di kawasan Bangka Tengah. Gerhana matahari di pulau Bangka akan berlangsung pada pukul 07.27 WIB.


Pulau Bangka sendiri terkenal memiliki banyak destinasi yang keren sayang untuk traveler lewatkan begitu saja. Mumpung sudah di pulau ini lanjutkan saja mengekplorasi wilayahnya setelah gerhana selesai. Banyak pantai menarik di bangka tapi satu tempat yang wajib disinggahi adalah Danau Biru Kaolin, kawasan bekas tambang yang berubah menjadi danau berwarna biru seperti Blue Lagoon di Islandia.


Pulau Belitung menjadi salah satu daerah yang paling diburu wisatawan untuk melihat gerhana matahari total. Bahkan pemerintah setempat telah menyiapkan beberapa tempat yang akan menjadi fokus pengamatan diantaranya berada di dua kecamatan yaitu Manggar dan Damar yang berada di Belitung Timur.

Seperti saran dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) yang memberikan gambaran tempat terbaik untuk menyaksikan gerhana matahari adalah kawasan yang luas tidak terhalang pepohonan dan juga perbukitan maka ada beberapa tempat di Belitung yang masuk dalam kriteria yang dimaksud. Beberapa tempat tersebut antara lain Bukit Samak, Pantai Olipier, Pulau Buku Limau, Pantai Serdang dan Pantai Tambak. Kawasan Pulau Belitung sendiri akan mengalami puncak gerhana matahari sekitar pukul 07.28 WIB dan berlangsung selama 2 menit 2 detik.


Link :
http://travelingyuk.com/gerhana-matahari-total/

4. Palangkaraya – Kalimantan Tengah


Via : klikdevi.blogspot.com
Kota Palangkaraya tentu tidak boleh dilewatkan sebab kota ini akan dilewati jalur gerhana paling lama setelah Ternate. Gerhana matahari total di kota ini terjadi pada pukul 07:30:12 selama 2 menit 29 detik. Wisatawan akan sangat puas menyaksikan matahari yang tiba-tiba menjadi gelap karena tertutupi oleh bulan.

Pemerintah Kota Palangkaraya juga telah menyiapkan paket wisata untuk 40-50 wisatawan untuk bergabung dalam kegiatan pengamatan gerhana matahari. Pada tanggal 8-9 Maret mendatang di sana akan diadakan berbagai lomba seperti kesenian, fashion show, kuliner, upacara balian serta kearifan lokal. Fenomena gerhana matahari ini juga menjadi ajang promosi Palangkaraya ke dunia.


















5. Balikpapan – Kalimantan Timur


Balikpapan menjadi satu dari beberapa kota di Indonesia yang juga dilewati gerhana matahari total pada 9 Maret 2016 ini. Gerhana tersebut diperkirakan sudah akan mulai pada pukul setengah delapan pagi dan mengalami puncaknya pada pukul 08.34.26,1 WITA. Gerhana di kota ini termasuk salah satu yang cukup lama dimana akan berlangsung sekitar 1 menit 10 detik.

Bukit Bangkirai

Setelah gerhana selesai jangan langsung pulang sebab Balikpapan punya banyak tempat yang asyik untuk dijelajahi. Yang pertama bisa traveler kunjungi adalah Canopy Bridge yang terletak di Bukit Bangkirai. Di tempat ini traveler bisa merasakan sensasi menapaki jembatan gantung di tengah hutan. Makan malam Romantis di Sambodja Lodge sembari Berbulan Madu di tempat ini. Menikmati Sensasi Wisata Kuliner Khas Jimbaran di dua Pantai Terbaik Balikpapan “Melawai dan Kemala”. Berkunjung ke Pasar Kebun Sayur, di pasar ini traveler bisa menemukan banyak penjual batu akik untuk oleh-oleh, hingga Ke Tujuan Wisata Lainnya di Luar Kota Balikpapan seperti : Pulau Derawan dan Danau Ubur Kakaban.

Sensasi Ubur di Danau Kakaban

Link :
http://travelingyuk.com/gerhana-matahari-total/

6. Palu – Sulawesi Tengah

Palu tentu tidak boleh terlewatkan dalam daftar spot menyaksikan gerhana matahari total 2016 lantaran daerah ini menjadi salah satu daerah yang akan mengalami kegelapan sesaat yang cukup lama yakni lebih dari 2 menit. Gerhana matahari total di Palu akan berlangsung pada pukul 08:38:49 waktu setempat.


Salah satu spot yang menjadi incaran warga dan juga wisatawan saat di Palu adalah Pantai Talise. Pada kesehariannya pantai ini sangat terkenal sebagai salah satu destinasi wisata populer di sana. Mereka yang berkunjung ke pantai ini selain bermain air juga berburu momen sunrise dan sunset. Di pantai ini pula diperkirakan akan menjadi jujugan utama traveler maupun peneliti untuk mengamati gerhana matahari total. Apalagi di sekitar pantai banyak warung yang menjajakan makanan khas seperti jagung bakar, pisang epe, steak pisang dengan berbagai rasa, pisang goreng, kacang, sarabba, kopi susu dan beberapa jenis makanan lainnya.


Beberapa tempat lainnya baik itu di Palu dan Luar Kota Palu juga tidak kalah menariknya. Pantai Tanjung Karang, Pulau Pasoso yang terkenal dengan Habitat Penyu Hijau, Pusentasi Pusat Laut, Danau Poso, hingga Taman Nasional Lore Lindu bisa jadi Destinasi Favorit Kamu !


Link :
http://travelingyuk.com/gerhana-matahari-total/

7. Ternate – Maluku Utara


ppp
Ternate akan menjadi destinasi terbaik untuk melihat gerhana matahari total di tahun ini. Pasalnya kota ini akan mengalami gerhana matahari paling lama yakni pada kisaran 2 menit 39 detik yang terjadi pada pukul 09.51 waktu setempat. Pemerintah Kota Ternate bahkan telah menyiapkan 9 titik pengamatan yang tersebar di wilayahnya. Walaupun bukan Kota Terakhir yang disinggahi Fenomena Langka Ini, tetapi Ternate menjadi Puncak diadakannya Fenomena Langka ini di Indonesia.

Terlebih bukan hanya dari kalangan masayarakat umum saja, beberapa kalangan Pejabat, Kepala Negara, dan Keluarga Kerajaan dari Negara Lain telah mengkonfirmasikan kedatangannya, termasuk Putri Raja Thailand Princess Maha Chakri Sirindhorn. Maka dari itu Pihak Pemerintah berusaha untuk mengembangkan infrastruktur yang menyangkut lingkup Kepariwisataan di Ternate. Mengingat potensi Alam dan Sejarah Ternate yang begitu kaya, sayang untuk dilewatkan.


Pantai Sulamadaha, Pulau Morotai, serta Gunung Gamalama dengan Danau Tolire, hingga Benteng Tolukko diprediksi akan menjadi Tujuan Wisata bagi Masyarakat Dunia yang berkunjung ke Ternate. Terlebih Kota Ternate yang begitu Indah bisa jadi nilai tambah dalam menyokong Pariwisata Indonesia di Tahun 2016 ini.


Link :
http://travelingyuk.com/gerhana-matahari-total/

8. Halmahera – Maluku Utara


Kota terakhir yang bisa dijadikan destinasi melihat gerhana matahari total adalah Halmahera. Berkunjunglah ke Kota Kao di Halmahera Timur yang disebut-sebut sebagai salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan gerhana. Total gerhana yang terjadi di daerah ini berlangsung selama lebih dari satu menit.

Via : lorongkatarajif.wordpress.com

Selain itu dengan memilih Kota Kao di Halmahera, traveler juga berkesempatan menyambangi tempat-tempat bersejarah serta pantai-pantai yang indah. Sedikit informasi bahwa Kota Kao adalah basis tentara Jepang pada tahun 1942-1945 sehingga banyak bangunan peninggalan di sana yang membuat kota ini dijuluki Tokyo Kecil. Pantai yang bisa dikunjungi antara lain Pantai Kota Jailolo, Gamlaha dan Sosol.


Link :
http://travelingyuk.com/gerhana-matahari-total/

Menurut Kamu, Daerah Mana Yang Wajib Dikunjungi Untuk Melihat Fenomena Langka ini ?

Kembali : TERBAIK
Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Ensiklopedi Indonesia



Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Traveling Kita

Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Copyright ©2015 - 2017 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA