indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Minggu, 21 Februari 2016

Kalau Mereka Aja Bangga Dengan Indonesia, Masa Kita Nggak ?

Minggu, 21 Februari 2016

Print Friendly and PDF
Bule Aja Cinta Indonesia Via Malesbanget.com

CONTRIBUTOR
PANGKI PANGLUAR

Kalau Mereka Aja Bangga Dengan Indonesia Masa Kita Nggak ?
Agak miris memang, kalau melihat Orang Indonesia yang gayanya sok Ke- Mancangera. Sebut aja mulai dari ngikutin Tren Fashion Artis Korea Idolanya, Musik Ala Barat hingga yang terakhir mungkin lebih senang jalan ke Luar Negeri ketimbang lihat Destinasi Indonesia yang pastinya nggak kalah bagus. Sakit dan Makin sedih lagi, Jika Pemerintahannya Sendiri juga nggak dukung Produk Yang Menjadi Kebanggan Indonesia. Seakan Indonesia nggak punya identitas. Jadi nggak heran kalau sebagian hasil Produk, terutama berasal dari ciri dan identitas Budaya Indonesia, diklaim sama negara lain. Contoh kongkretnya dan dah pasti nyata, mulai dari Reog, Tari Pendet, hingga Angklung yang diklaim secara sepihak oleh Pemerintah Malaysia. Akhirnya baru jadi kerasa kesal dan marah, seakan mau nunjukin saat itu bahwa kita jadi Nasionalis Banget. Ups termasuk yang nulis kali ya...

Lalu sebenarnya apakah kalian tahu, bahwa di luar sana, sejumlah Tokoh maupun Selebriti Dunia bangganya minta ampun dengan Indonesia. Nah Lo kalau begini jadi malu sendiri kan ? Terlebih jika Tokoh maupun Artis Mancanegara cinta banget sama Indonesia, dan anggap bahwa Indonesia sebuah Negara Bercita Rasa Tinggi. Pastinya jadi bikin kalian Salah Tingkah, dan bertanya dalam hati, sambil ngebatin :
Kalau Mereka Aja Bangga Dengan Indonesia Masa Kita Nggak ?

Tentang Swadeshi ...

Mahatma Gandhi Pencetus Gerakan Swadeshi

Sebelum kita lanjut, kayanya perlu dibahas dikit mengenai Swadesi, intinya pembahasan ini sangat berguna bagi kita, dan punya benang merah yang sama dengan topik kita kali ini.

Menurut Kamus Bahasa Sansekerta;
Kata Swadeshi merupakan turunan dari kata bahasa Sanskerta, Sandhi. Bisa juga dimaknai sebagai penggabungan dari dua kata dalam bahasa Sanskerta, Swa yang berarti "diri" atau "mandiri" atau "sendiri" dan Desh yang berarti "negara". Bila digabungkan, artinya menjadi "negara sendiri". Sebagai kata sifat, Swadeshi dapat berarti "dari negara sendiri". 

Sedangkan Menurut Pengertian;
Swadesi adalah istilah yang berasal dari India yang dipopulerkan oleh Mohandas Karamchand Gandhi, atau lebih dikenal dengan nama Mahatma Gandhi, bapak pergerakan nasional India. Kerap pula ditulis dengan Swadeshi (Bengali: স্বদেশী, Hindi: स्वदेशी). Dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai mandiri atau menyitir istilah Soekarno, "Berdikari" (Berdiri Di Atas Kaki Sendiri). Oleh Mahatma Gandhi, ia dimengerti sebagai inti atau jiwa dari Swaraj atau upaya mandiri. Dalam arti luas ia dimaknai sebagai rasa bangga memiliki bangsa sendiri atau nasionalisme.

Pada masa Mahatma Gandhi, Swadeshi makin mendapatkan ruhnya ketika ia mendefinisikannya sebagai "panggilan bagi konsumen” untuk waspada terhadap bahaya yang ditimbulkan dari mendukung industri mereka (asing atau penjajah) yang menghasilkan kemiskinan dan berbahaya bagi para pekerja dan manusia serta makhluk-makhluk lain. Link : https://id.wikipedia.org/wiki/Swadesi

Makanya nggak heran kalau Orang India bangga banget sama produk Bangsanya sendiri mulai dari Bajaj, hingga Kain Sari India yang emang jadi Identitas Bagi Produk Asli India. Sebenarnya di Indonesia ajaran Swadesi ini, pernah diwacanakan oleh Presiden R.I Pertama, Soekarno. Bung Karno sendiri menyebut ajaran Swadesi dengan istilah Berdikari “Berdiri Di Atas Kaki Sendiri”. Dengan maksud Bahwa Sebagai Bangsa Yang Besar, sudah sepantasnya Bahwa Bangsa Indonesia tidak bergantung dengan Bangsa Lain atau sebisa mungkin meminimalisir penggunaan produk yang mungkin berasal dari luar negeri. Karena bagaimanapun dengan menghargai segala Potensi Indonesia, itulah Jati Diri Bangsa Kita.

Untuk itu, kayanya jadi hal penting untuk kita ketahui kalau Beberapa Tokoh maupun Artis Mancanegara ini, bangga banget dengan Indonesia. Mulai dari Kebudayaan, Potesi Alam, Kuliner, Seni, Produk Asli Indonesia, Cinta Sama Cewek Indonesia hingga merasa nyaman untuk cari nafkah di negeri kita ini.
Kalau Mereka Aja Bangga
Dengan Indonesia Masa Kita Nggak ?

1. Nelson Mandela 



Nelson Mandela lahir di Mvezo, Afrika Selatan, 18 Juli 1918 – meninggal di Johannesburg, Afrika Selatan, 5 Desember 2013 pada umur 95 tahun, adalah seorang revolusioner anti-apartheid dan politisi Afrika Selatan yang menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan sejak 1994 sampai 1999. Ia adalah orang Afrika Selatan berkulit hitam pertama yang memegang jabatan tersebut dan presiden pertama yang terpilih melalui keterwakilan penuh, dalam sebuah pemilu multiras. Pemerintahannya berfokus pada penghapusan pengaruh apartheid dengan memberantas rasisme, kemiskinan dan kesenjangan, dan mendorong rekonsiliasi rasial. Selaku nasionalis Afrika dan sosialis demokratik, ia menjabat sebagai Presiden Kongres Nasional Afrika (ANC) pada 1991 sampai 1997. Selain itu, Mandela pernah menjadi Sekretaris Jenderal Gerakan Non-Blok pada 1998 sampai 1999.

Mantan Presiden Afrika Selatan ini sangat bangga dalam hal berbatik. Hal ini ditunjukkannya pada salah satu Batik Mandela yang dikenal sebagai "Kemeja Madiba" hal ini dilakukan Mandela saat berpergian ke negara-negara lain. Juga saat menghadiri acara The Elders pada tahun 2007  serta saat mengunjungi Ratu Elisabeth II di Istana Buckingham.

Mandela juga sangat kagum dengan Karya Maestro Batik Iwan Tirta. Inilah yang membuat pertama kali Mandela jatuh hati dengan Batik Asli Indonesia. Bahkan saat kunjungannya ke Indonesia pada 1997, Mantan  Presiden Soeharto terkejut melihat Nelson Mandala mengenakan baju batik, sementara ia mengenakan jas.


Link :
https://id.wikipedia.org/wiki/Nelson_Mandela
http://bacaterus.com/baju-batik-indonesia/

2. Maribeth



Maribeth Pascua (lahir di Bayombong, Filipina, 14 Januari 1972; umur 44 tahun) adalah seorang penyanyi asal Filipina. Awal kariernya sebagai penyanyi adalah sebagai pemenang ajang Voice Of Asia 1991.

Maribeth sangat mencintai Indonesia. Nggak heran di single lagu pertamanya yang ia nyanyikan berjudul Denpasar Moon (Bulan Di Denpasar), tahun 1993. Hampir selama 21 tahun ia tinggal dan mencari nafkah di Indonesia. Baginya Indonesia adalah rumah kedua setelah Negara Asalnya Filipina. Karena kecintaannya terhadap Indonesia ia pernah memperjuangkan untuk menjadi Warga Negara Indonesia. Rencana pernikahannya dengan Steven Rumangkang (kini suami Angel Karamoy) yang sedianya memuluskan jalan menjadi WNI pun kandas. Dalam perjuangannya menjadi WNI, Maribeth bahkan pernah ditipu.



















3. Barrack Obama



Barack Hussein Obama II (i/bəˈrɑːk huːˈseɪn oʊˈbɑːmə/; lahir 4 Agustus 1961; umur 54 tahun) adalah Presiden Amerika Serikat ke-44 yang saat ini sedang menjabat. Ia merupakan orang Afrika Amerika pertama yang menempati jabatan tersebut.

Kenangan tentang Indonesia ia dapati ketika ia pernah tinggal di Jakarta, Indonesia sejak tahun 1967-1971, bersama Ibu dan Ayah Tirinya. Obama bersekolah di SD Santo Fransiskus Asisi di Tebet selama tiga tahun, lalu pindah ke SD Negeri Menteng 1 (atau SD Besuki) di Menteng hingga ia berusia 10 tahun. Dari perjalanan hidupnya semasa kecil, tentunya  Negara Indonesia mempunyai tempat tesendiri di hati Obama. Terlebih dalam bergaul dengan teman sebaya ia juga sempat menghabiskan waktu dengan bercanda, bersepeda, hingga menikmati jajanan dan makanan khas Indonesia.

Obama sangat menyukai Satay, Bakso, Emping, hingga Nasi Goreng.
"Thanks for bakso, nasi goreng, emping, kerupuk, semuanya enak", ucapnya dalam bahasa Indonesia, usai jamuan makan malam di Istana Negara, 9 November 2010 lalu. Selain Kuliner yang mempunyai tempat di hati Obama, beberapa kondisi di Jakarta kala itu, juga mempunyai kesan tersendiri bagi Obama. Hotel Indonesia, Sarinah, Becak, dan Bemo adalah sebuah keadaan yang nggak pernah dilupakan Obama Kecil. Saat ini ia sangat mengagumi Batik. Beberapa kali Presiden Amerika Serikat ini tampil menggunakan Batik. Dalam KTT East Asia Summit di Cambodia, Obama tampak gagah dengan Kemeja Batik Berwarna Hijau.


Link :
http://life.viva.co.id/news/read/309760-seleb-asing-tergila-gila-makanan-indonesia

4. Mick Jagger


Sir Michael Rozaidi "Mick" Jagger (lahir 26 Juli 1943; umur 72 tahun) adalah musikus rock, aktor, penulis lagu, produser, serta pengusaha berkebangsaan Inggris. Ia terutama dikenal sebagai vokalis utama grup musik The Rolling Stones.

Pentolan grup musik tua-tua keladi, The Rolling Stones ini kabarnya sangat mencintai Indonesia, atau lebih tepatnya Bali. Ya siapa sih yang gak suka sama Bali? Salah satu tempat utama yang harus dituju kalau ke Indonesia ya udah tentu Bali. Malah yang bikin miris adalah banyak orang luar yang tau Bali tapi gak tau Indonesia. Eniwei, saking cintanya sama Bali, Mick Jagger sampe bela-belain nikahin Jerry Hall di pulau dewata dengan upacara Hindu pada 1990 silam. Selain itu, konon si bibir doer juga doyan banget lho sama bebek betutu dan babi guling.


Link :
http://malesbanget.com/2014/10/artis-luar-negeri-yang-cinta-indonesia/ 



















5. Mike Tramp


Satu lagi penyanyi rock legendaris yang sangat cinta Indonesia, atau lebih tepatnya sih cinta sama cewek Indonesia yang akhirnya dijadiin Istri. Ya rocker tersebut adalah Mike Tramp (lahir di Copenhagen, Denmark, 14 Januari 1961; umur 55 tahun), yang notabene adalah vokalis band White Lion. Jadi entah gimana ceritanya doi kepincut sama salah satu artis cewek cantik Indonesia, Ayu Azhari. Mereka menikah siri tahun 2003 silam. Dari hasil pernikhannya tersebut mereka dikaruniai 2 orang anak. Nah selepas pernikahan ini, Mike Tramp jadi lebih sering berada di Indonesia, dan lambat laun membuatnya lebih mencintai Indonesia. Dan kamu pun mungkin aja ketemu doi di tengah jalan gitu. Ya, kamu pasti gak bakal ngenalin doi sebagai vokalis White Lion, karena mirip kayak ordinary bule yang sering kamu jumpai di jalan Jaksa atau Sabang.


Link :
http://malesbanget.com/2014/10/artis-luar-negeri-yang-cinta-indonesia/

6. Richard Tiffany Gere

Via www.fanpop.com

Richard Tiffany Gere (lahir di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, 31 Agustus 1949; umur 66 tahun) adalah aktor Amerika Serikat pemenang Penghargaan Golden Globe. Richard Gere juga termasuk salah satu aktor Hollywood, yang sangat mencintai Indonesia. Beberapa kali ia menyempatkan untuk berkunjung ke Candi Borobudur, Indonesia. Kedatangannya ke Indonesia merupakan perjalanan spritual dari Richard Gere. Terlebih saat ini ia memeluk Agama Budha, sebagai Agama Baru yang diyakini oleh Richard Gere.


Link :
http://www.feed.id/article/7-artis-hollywood-yang-pernah-berlibur-ke-indonesia-141205t.html

















7. Gwyneth Paltrow 



Pada bulan Mei 2013 lalu, Gwyneth Paltrow (lahir di Placentia, California, Amerika Serikat, 27 September 1972; umur 43 tahun) , istri dari rock star Chris Martin ini,  berlibur ke Pulau Komodo. Usai berlibur di Indonesia. ibu dua anak menceritakan pengalaman selama di Pulau Komodo melalui blog pribadinya.

Kunjungannya kala itu merupakan pengalaman pertamanya menginjakkan kakinya di Indonesia. Dalam tulisannya, Gwyneth mengungkapkan rasa kagumnya pada tanah air yang menurutnya kedatangannya itu merupakan impian yang menjadi kenyataan. Pulau Komodo yang terkenal eksotis dan mempesona, ternyata bukan hanya dicintai oleh Selebriti Hollywood satu ini, tercatat nama seperti Jennifer Lopez pernah mengunjungi tempat terbaik Indonesia ini, setelah melakukan perjalanannya ke Destinasi Wisata Lombok.


Link :
http://www.feed.id/article/7-artis-hollywood-yang-pernah-berlibur-ke-indonesia-141205t.html

8. Maher Zain



Kecintaan kepada Indonesia juga terlihat pada Maher Zain (lahir di Tripoli, Lebanon, 16 Juli 1981; umur 34 tahun). Penyanyi ini mempunyai hubungan kedekatan dengan Indonesia, mungkin disebabkan mempunyai persamaan sebagai seorang Muslim. Dimana Orang Indonesia mayoritas beragama Muslim. Maka dari itu nggak heran kalau Maher sering bolak – balik ke Indonesia. Hingga akhirnya lambat laun jadi jatuh cinta sama Indonesia.

Saking Cintanya dengan Indonesia, ia belajar Bahasa Indonesia. Bahkan ia sempat menyanyikan lagu dengan dengan Lirik Indonesia, seperti : Di lagu Insya Allah bersama dengan Fadly – Padi, dan Sepanjang Hidup yang ia bawakan sendiri. Karena seringnya Ke Indonesia, ia jadi kepincut dengan Kuliner Indonesia, terutama Masakan Padang. Sekali lagi ini membuktikan bahwa Keanekaragaman Masakan Indonesia, sangat diakui oleh dunia. Dan terbukti Penyanyi Mancanegara Maherzain, sangat menyukai Masakan yang satu ini.


9. Keith Martin


Yang terakhir Keith Martin (lahir di Washington, D.C., 22 September 1966; umur 49 tahun), Jatuh cinta sama Indonesia mungkin karena cuma di sini dia bisa nyari duit. Karena di tempat lahirnya, Amerika, doi gak bisa bersaing dengan musisi yang jauh lebih keren. Populer lewat single Because of you, yang mungkin cuma terkenal di Indonesia aja, akhirnya bikin Keith Martin milih buat menetap di Indonesia. Hal ini bisa dilhat dari beberapa kolaborasinya dengan beberapa artis Indonesia. Sebut aja Agnez Mo di Album Whaddup A, dan duet bareng dengan Pendatang Baru Indonesia, Luanada, yang nge-daur ulang lagu Because Of You. Doi pun jadi rajin tampil di acara TV Indonesia.

Nah suatu saat kamu lagi makan di mana gitu di pinggiran jalan, terus ketemu sama orang yang mukanya kayak gini. Jangan histeris, karena dia bukan Jay-Z. Tapi kamu masih bisa kok minta foto bareng atau tanda tangan, karena dia adalah Keith Martin, penyanyi luar negeri yang lagi cari makan di Indonesia.

Via www.7digital.com

Link :
http://malesbanget.com/2014/10/artis-luar-negeri-yang-cinta-indonesia/


Kalau Mereka Aja Bangga Dengan Indonesia Masa Kita Nggak ?
Ok, itu dulu , bagi yang mau komentar dipersilahkan isi Posting Paling Bawah
Matursuwun ... 

Kembakli : TERBAIK


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Copyright ©2015 - 2018 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA