indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Kamis, 25 Februari 2016

9 Pendakian Gunung Terbaik Indonesia

Kamis, 25 Februari 2016

Print Friendly and PDF

CONTRIBUTOR
PANGKI PANGLUAR


9 Pendakian Gunung Terbaik Indonesia
Alam Indonesia yang begitu kaya, memang menawarkan banyak sejuta pesona keindahan untuk dikunjungi. Bukan hanya lautan, Gunung, dan Alam Perbukitan, mungkin kita adalah salah satu yang terbaik di Dunia. Berikut Kami Hadirkan :
9 Pendakian Gunung Terbaik Indonesia
Yang tentunya buat kamu jadi lebih betah dan berasa mensyukuri anugerah yang telah diberikan oleh Sang Pencipta, serta selalu berusaha untuk menjaga kelestarian Bumi Pertiwi  ...


Bersilaturahmi Dengan Alam

ppp
Semesta Alam bertasbih kepada Allah dengan cara taat pada hukum sunnatullah yang diperlakukan baginya  dan tunduk pada kehendak Allah, ketaatan dan ketundukannya kepada kodrat (kekuasaan) dan kehendak Allah (Iradat) menjadikan alam itu  selalu  memiliki sifat positif. Manusia sebagai penghuni alam seharusnya juga menjaga kondisi agar selalu dalam posisi positif, dengan selalu taat dan patuh pada Allah dan RasulNya, sehingga tidak terjadi perbenturan yang mengakibatkan bencana.

Allah SWT berfirman:

سَبَّحَ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ

Semua yang berada di langit dan yang berada di bumi bertasbih kepada Allah (menyatakan kebesaran Allah). dan dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. ( Surat Al Hadid ayat 1).

تُسَبِّحُ لَه‘ السَّمَاوَاتُ السَّبْعُ وَاَلْأَرْضُ وَمَنْ فِيْهِنَّ 4 وَإِنَّ مِنْ شَيْءٍ إِلاَّ يُسَبِّحُ بِحَمْدِهِ وَلَاكِنْ لاَ تَفْقَهُوْنَ تَسْبِيْحَهُمْ إِنَّه‘ كَانَ حَلِيْمًا غَفُوْرًا

Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.( Al Isra ayat 77).

Alam semesta itu bertasbih kepada Allah SWT seluruhnya, seperti bumi, gunung, air, api, udara, halilintar, benda di langit dan semuanya. Tasbihnya alam itu sepanjang yang diketahui manusia mentaati hukum sunatullah dan tunduk pada Iradat (kehendak) Allah SWT. Bagaimana alam itu bertasbih dirahasiakan Allah SWT terhadap manusia, tetapi sedikit banyak dapat dipahami dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena itu Allah menyuruh agar manusia membaca alam yang tergelar.

Link : https://hidayatilquran.wordpress.com/alam-bertasbih/

Bersilahturahmi dengan Alam dimaksudkan agar kita selalu mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Sang Pencipta, dalam konteks ini termasuk di dalamnya selalu berusaha untuk menjaga dan merawat Kelestarian Alam Lingkungan yang telah tercipta dengan begitu sempurna. Sungguh Maha Besar ALLAH SWT dengan segala ciptaanNya …

Asal Mula Terbentuknya Banyak Gunung di Indonesia



Gunung di Indonesia, khususnya Gunung Berapi, umumnya tersebar di pantai Barat Sumatera, Selatan pulau Jawa, Bali, hingga pulau Lombok dan Sumbawa, kemudian memanjang hingga ke Sulawesi dari Selatan ke Utara, serta sebagian dari pulau Halmahera. Di Indonesia, gunung berapi terbentuk akibat adanya tumbukan antara lempeng benua dengan lempeng samudera, yang mengakibatkan adanya bagian yang terangkat, sehingga di sepanjang Aceh hingga Sumbawa, serta Sulawesi hingga Maluku, banyak ditemukan adanya gunung berapi.


Rangkaian panjang ini menerus hingga Filipina dan Jepang, juga Hawai dan Amerika hingga ke Amerika Selatan. Rangkaian pegunungan yang panjang ini membentuk seperti cincin, sehingga disebut sebagai cincin gunung berapi atau Ring of Fire.

Mengapa disebut sebagai Gunung Berapi ? Gunung yang mempunyai dapur magma berada di bawah permukaan, yang mengandung cairan yang sangat panas, sehingga kita sering melihat gunung berapi mengeluarkan kepulan asap. Dapur magma ini berbeda antara satu gunung dengan yang lain, tiap gunung bisa saja mempunyai dapur magmanya masing-masing, namun bisa juga mempunyai dapur magma yang saling terhubung satu dengan yang lain.

Diibaratkan, jika air yang ada di dalam panci sudah panas, maka panci akan mengepulkan asap. Karena temperatur air sudah mendidih, tutup panci akan terangkat karena tekanan yang sangat besar. Saat panci dibuka, maka tekanan akan menjadi berkurang dan uapnya secara perlahan akan menghilang. Seperti itulah gambaran mengenai dapur magma dan mengapa gunung berapi bisa meletus. Gunung berapi menyimpan energi yang suatu saat kelak harus dilepaskan dalam bentuk letusan. Setelah letusan terjadi dan energi dari magma sudah dilepaskan, maka gunung berapi akan mengalami masa hibernasi atau masa tenang. Jika energi dari magma belum habis, maka gunung akan terus mengeluarkan letusannya hingga energi ini perlahan berkurang.


Tidak semua gunung termasuk ke dalam gunung berapi, dan juga terdapat gunung berapi yang memang sudah tidak aktif. Hal ini bisa saja disebabkan gunung tersebut tidak mempunyai dapur magma atau dapur magma nya sudah tidak aktif lagi. Dalam sejarah pembentukannya Gunung juga ada yang disebut sebagai Pegunungan, dimana tidak mempunyai magma. Cartenz Pyramid yang berada di Papua sering salah disebut sebagai gunung, padahal sebenarnya adalah puncak yang tersusun dari dari batu gamping dengan ketinggian puncaknya mencapai 4.884 meter. Cartenz Pyramid merupakan Deretan Pegunungan Jayawijaya, dengan Cartenz sebagai Puncak Tertinggi di Indonesia. Selain itu akibat dari Letusan Gunung, ada yang membentuk Danau. Danau Toba terbentuk dari letusan gunung berapi Toba Purba yang meletus 74.000 tahun yang lalu.


Kita tidak perlu khawatir dengan adanya gunung berapi yang ada di Indonesia. Para ahli geologi sudah memasang alat yang bernama seismometer yang dipasang di dekat lokasi gunung berapi yang selalu aktif dipantau dari staisun pengamat dan di informasikan secara rutin sebagai langkah pencegahan dari aktivitas dari gunung. Letusan gunung berapi membawa banyak unsur besi, yang membuat tanah menjadi subur. Selain itu, adanya gunung berapi juga membuat Indonesia mempunyai banyak bahan tambang bernilai ekonomis seperti emas, tembaga, sulfur, pasir besi, dan sebagainya, termasuk di dalamnya menawarkan sejuta Pesona Keindahan.

Link : http://anakbertanya.com/mengapa-ada-banyak-gunung-berapi-di-indonesia/

Berikut Kami Hadirkan :
9 Pendakian Gunung Terbaik Indonesia

1. Gunung Kelimutu - Nusa Tenggara Timur


Gunung Kelimutu yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT ini mempunyai ketinggian 1.639 meter di atas permukaan laut. Gunung yang terletak tepat di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende ini mempunyai 3 kawah danau tiga warna di puncaknya.


Kelimutu merupakan gabungan dari kata “keli” (gunung) dan “mutu” (mendidih), jadi secara harfiah Kelimutu merupakan gunung yang mendidih. Memang Gunung ini adalah salah satu gunung yang masih aktif, walaupun tidak seaktif Gunung Merapi di Pulau Jawa, Gunung ini pernah mengalami status waspada pada bulan Juni yang lalu. Namun, setelah letusannya di tahun 1886 silam, Gunung ini belum pernah meletus lagi.

Via sky-adventure.com

Keindahan danau tiga warnanya menjadi daya tarik dari Gunung Kelimutu ini. Sampai saat ini, ahli Geologi belum menemukan penyebab fenomena danau 3 warna ini, tapi penduduk sekitar meyakini ada arti dari masing-masing warna di danau yang total luasnya 1.051.000 meter persegi ini. Gunung Kelimutu sering ditutupi kabut, dan waktu terbaik untuk mendaki Gunung ini, dan menikmati pemandangan adalah pukul 03.30 dini hari waktu setempat. Waktu itu adalah saat terbaik di mana Kamu bisa menikmati matahari terbit dan pesona indah danau 3 warna di gunung ini. Bulan Juli dan Agustus menjadi Golden Time, untuk berkunjung di Gunung ini. Selamat menikmati pemandangan danau 3 warna yang indah ketika Kamu berkunjung ke flores


Link :
https://captaindre.wordpress.com/2013/08/16/gunung-dengan-jalur-pendakian-terbaik-di-indonesia/

2. Gunung Bromo & Semeru - Jawa Timur


Eksotisme Bromo - Semeru



Gunung Bromo (dari bahasa Sanskerta: Brahma, salah seorang Dewa Utama dalam agama Hindu), adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut, dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo terkenal sebagai obyek wisata utama di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

Gunung Bromo bisa dibilang sebagai salah satu permata yang ada di Jawa Timur juga sebagai Destinasi Wisata Terbaik Indonesia. Tidak cuma pendaki kawakan, tetapi wisatawan yang datang ke Indonesia pasti akan terkesima menyaksikan pemandangan pegunungan, yang terdiri dari Gunung Bromo, Gunung Batok, dan yang tertinggi adalah Gunung Semeru. Setiap sisi gunung yang ada di sini akan meninggalkan kesan mendalam kepada siapapun yang datang berkunjung. Ukiran rinci dan pembentukan setiap inci gunung ini adalah sebuah Karya Sang Pencipta yang luar biasa.

Pendakian Gunung Bromo

Pendakian Semeru Menyusuri Oro-Oro Ombo Via www.wisatagunung.com

Gunung Semeru atau Sumeru adalah sebuah gunung berapi kerucut di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan Puncak Tertinggi Mahameru, 3.676 meter di atas permukaan laut. Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko. Gunung Semeru secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.


Yang menarik dari Pendakian di Gunung Tertinggi di Pulau Jawa ini adalah adanya 4 Danau, yaitu : Ranu Pani, Ranu Regulo, Ranu Kumbolo, dan Ranu Darungan. Dimana Kamu sebelumnya harus melewati Perbukitan Bunga Abadi Edelweis, Hutan Cemara, dan Pinus beserta ratusan Burung, dan Kijang di habitat aslinya. Danau yang terbaik adalah Ranu Kumbolo. Berada pada ketinggian 2.400 m dengan luas 14 ha. Di tempat ini Kamu juga dapat mendirikan tenda, selain itu juga terdapat pondok pendaki (shelter). Terdapat danau dengan air yang bersih dan memiliki pemandangan indah. Terutama di pagi hari, Kamu dapat menyaksikan matahari terbit disela-sela bukit. Banyak terdapat ikan, kadang burung belibis liar, di tempat ini. Meninggalkan Ranu kamu akan menemui Padang Rumput yang luas dinamakan Oro –Oro Ombo, sebelum akhirnya mencapai Puncak Mahameru.

Link :
https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Bromo
https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Semeru
http://liburmulu.com/10-gunung-paling-menyenangkan-untuk-didaki-di-indonesia/

















3. Gunung Rinjani - Nusa Tenggara Barat


Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi ke-2 di Indonesia dengan tinggi 3.726 meter di atas permukaan laut. Gunung Rinjani termasuk gunung favorit para pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya di sepanjang jalur pendakian. Kaldera yang luas ditambah dengan Danau Segara Anakan yang melingkar bening kebiruan membuat para pendaki tergiur untuk menapaki gunung tertinggi di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini.


Dengan waktu normal pendakian sekitar 4-5 hari, dua jalur yang sering dipilih para pendaki untuk mencapai puncak Rinjani, yaitu jalur pendakian Gunung Rinjani via Sembalun dan via Senaru. Para pendaki biasanya jika naik via Sembalun, maka turun lewat Senaru, begitu pula sebaliknya karena keindahan alam yang ditawarkan di sepanjang Sembalun-Senaru, Gunung Rinjani sangat sayang untuk dilewatkan.


Link :
http://manusialembah.blogspot.co.id/2015/04/pendakian-gunung-rinjani-3726-mdpl.html

4. Puncak Cartenz - Papua



Puncak Cartenz adalah sebuah gunung yang terletak di Papua, Indonesia. Gunung ini memiliki tinggi setinggi 4.884 meter di atas permukaan laut yang diselimuti salju abadi. Puncak gunung ini disebut "Piramida Cartenz", dan juga "Puncak Jaya" bagian dari deretan Pegunungan Jayawijaya, yang merupakan dataran tertinggi di Indonesia. Gunung ini adalah salah satu dari tujuh gunung yang dikenal sebagai Tujuh Puncak Dunia, di mana mempunyai Salju Abadi sepanjang masa.

 Via Yadi Yasin Photography

Puncak Cartenz dikenal juga sebagai salah satu Destinasi Favorit bagi Para Pendaki yang ingin menyusuri salah satu Puncak Tertinggi di Indonesia. Walaupun termasuk Pendakian dengan berbiaya Mahal, namun Puncak Cartenz menawarkan beragam Pesona Keindahan. Selain Salju Abadi dengan rangkaian barisan Batu Gamping, Pemukiman Suku Moni dan Dani di kawasan sepanjang jalur Sugapa menuju Ugimba, Hutan, Rawa, Savanah hingga Lembah Danau-danau di titik terakhir sebelum ke Puncak Cartenz adalah spot Pendakian Terbaik di tempat ini.


Link : https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Cartenz



















5. Gunung Kerinci - Jambi



Sebagai gunung berapi aktif tertinggi di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara, Gunung Kerinci adalah gunung yang luar biasa dengan pemandangan yang mengesankan, baik di bagian atas ataupun kaki gunung. Tepat berada di Jambi, Pulau Sumatera, tinggi Puncak Gunung Kerinci adalah 3.805 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini juga menjadi rumah bagi spesies yang terancam punah yaitu Harimau dan Badak Sumatera. Kaki Gunung Kerinci ini juga dikelilingi oleh perkebunan teh segar, mungkin Kamu ingin mampir sebentar dan mencicipi teh asli Kerinci ? Sementara itu, di daerah atas, daerah di mana banyak ditemukan batu berwarna kemerahan adalah tempat terbaik untuk melihat pemandangan tak terlupakan dari Danau Gunung Tujuh.


Link :
http://liburmulu.com/10-gunung-paling-menyenangkan-untuk-didaki-di-indonesia/

6. Gunung Ijen Banyuwangi - Jawa Timur



Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut, dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. Gunung Ijen terakhir meletus pada tahun 1999. Salah satu yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah Kawah Ijen dengan Fenomena Alam Blue Fire di Malam Hari, dan terletak di puncaknya. Untuk mendaki ke gunung ini bisa berangkat dari Banyuwangi ataupun dari Bondowoso.

Fenomena Blue Fire di Malam Hari

Link :
https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Ijen

7. Gunung Papandayan Garut - Jawa Barat



Keunikan Gunung Papandayan dengan ketinggian 2,665 meter di atas permukaan laut, terletak di bagian kawahnya, di mana sebagian besar kawah dapat terlihat setelah mendaki ke puncak. Itu berarti base camp yang biasanya dibangun di sisi berlawanan dari kawah, di Gunung Papandayan, posisi base camp adalah tepat di bawah kawah. Banyak uap yang keluar dari kawah menjadikan pemandangan semakin menakjubkan.


Yang menarik lainnya dari Gunung Papandayan adalah hutan mati dan padang Edelweiss di suatu tempat yang dinamakan Tegal Alun. Kawasan ini ditumbuhi oleh Bunga Edelweiss dengan rumput yang mengering layaknya Savanah yang luas.


Link :
http://liburmulu.com/10-gunung-paling-menyenangkan-untuk-didaki-di-indonesia/

8. Gunung Merbabu - Jawa Tengah



Gunung dengan ketinggian 3,145 meter di atas permukaan laut ini, sering disebut sebagai Kembaran Gunung Merapi di Yogyakarta. Terletak di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan, Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah, Gunung Merbabu sama luar biasanya seperti Gunung Merapi.


Selain itu juga dimungkinkan untuk mendaki dua gunung tersebut secara berturut-turut, asalkan Kamu memiliki stamina yang bagus. Jika Kamu beruntung, Kamu akan melihat matahari terbit terbaik di Gunung Merbabu lengkap dengan awan cumulus yang membentuk tempat tidur yang nyaman. Gunung Merbabu sendiri mempunyai dua puncak yang bersebelahan yaitu, Puncak Syarief dan Puncak Kenteng Songo. Selain itu pesona keindahan Sabana Merbabu menjadi daya tarik sendiri bagi Para Pendaki.

Link :
http://liburmulu.com/10-gunung-paling-menyenangkan-untuk-didaki-di-indonesia/

















9. Gunung Krakatau - Banten


Legenda ledakan dahsyat Gunung Krakatau dengan ketinggian 230 meter di atas permukaan laut ini, dikenal sebagai Krakatoa, yang terjadi pada tahun 1883 tetap tertulis dalam sejarah dunia hingga sekarang. Setelah letusan mematikan berakhir, sebuah gunung berapi yang baru, lahir dan terus tumbuh tiap tahun.


Ketika kamu berkunjung ke Krakatau bukan hanya melakukan pendakian. Kunjungi juga beberapa pulau sekitar yang menawan seperti Pulau Sebuku, Pulau Umang, dan Pulau Sebesi, dengan beberapa Pantai Terindahnya di Selat Sunda. Tentunya jika mendaki ke Anak Krakatau, Kamu akan melihat pemandangan menakjubkan si Rakata tua ini.

Link :
http://liburmulu.com/10-gunung-paling-menyenangkan-untuk-didaki-di-indonesia/

Kembali : TERBAIK
Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Ensiklopedi Indonesia



Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Traveling Kita

Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Copyright ©2015 - 2017 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA