indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Jumat, 15 Januari 2016

Susatyo Dilempar Bom Saat Berhadapan dengan Teroris di Kawasan Sarinah

Jumat, 15 Januari 2016

Print Friendly and PDF

Susatyo Dilempar Bom Saat Berhadapan dengan Teroris di Kawasan Sarinah
pp

JAKARTA, Banyak polisi dengan aksi heroik saat penumpasan aksi terorisme di kawasan sekitar Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2016). Salah satunya AKBP Susatyo Purnomo Condro, Kabag Ops Polres Metro Jakarta Pusat. Seperti yang diterima Kompas.com dari Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Pusat Komisaris Suyatno, mantan Kapolsek Metro Gambir tersebut turun langsung menumpas terduga teroris kemarin.




Suyatno menceritakan, saat itu Susatyo turun ke lapangan setelah mendapat laporan bahwa ada info bom dan penembakan terhadap anggota lalu lintas di kawasan sekitar Sarinah. "Saya bersama lima anggota Sabhara mengepung dari depan Starbucks hanya dalam jarak 10 meter dari pelaku yang bersembunyi dari balik tembok pagar Starbucks," cerita Susatyo yang dikirim oleh Suyatno, Jumat.

Susatyo bersama timnya menembak untuk menutup ruang gerak para pelaku. Alhasil, tembakan tersebut membuat panik pelaku.

"Kedatangan saya ternyata membuat panik pelaku dan menyerang membabi buta dengan melempar bom rakitan dan tembakan," lanjut Suyatno mengisahkan Susatyo.

Dari pengamatan Susatyo, mekanisme pengaktifan bom yang dilempar ke mobilnya harus membakar sumbu terlebih dahulu sehingga, saat lemparan ketiga, bom tak sengaja meledak.

Sementara itu, tembakan pelaku mengenai pintu kiri belakang mobil Susatyo. Lemparan bom dari pelaku juga hanya berjarak satu meter dari mobil dinasnya.

"Kemudian saya keluar mobil dari pintu di sisi kanan," tambahnya. (Baca: Cerita AKBP Deddy Tembak Mati Satu Teroris di Depan Starbucks)

Susatyo mengaku saat itu terduga teroris langsung mengarah kepadanya. Pengalihan itu disebut berguna agar anggota lain mendekati pelaku.

"Sementara dari sisi kiri Starbucks saya melihat sudah ada Karo Ops Polda Metro dan Kapolsek Menteng yang akan mendekat," katanya.

Ia juga sembari menolong anggota lain ke dalam mobil dinasnya karena menjadi sasaran tembak. Ia juga berinisiatif agar anggotanya tiarap dan mundur agar tak kena lemparan bom berikutnya.

"Setelah semua berhasil mencari perlindungan di taman, saya bergegas mundur dengan menyetir sambil tidur terlentang untuk mempersiapkan bantuan dari satuan lainnya," terangnya.

Setelah itu, dipastikan lima terduga teroris tewas. Tiga orang tewas karena bom bunuh diri dan dua lainnya ditembak mati. Susatyo bersama anggota Gegana Polda Metro Jaya beserta pejabat Polres memasuki gedung untuk melakukan penyisiran.
















Penulis : Kahfi Dirga Cahya
Editor  : Fidel Ali
Sumber Terkait :
http://megapolitan.kompas.com/read/2016/01/15/17524701/Susatyo.Dilempar.Bom.Saat.Berhadapan.dengan.Teroris.di.Kawasan.Sarinah?

Kembali : BERITA


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Copyright ©2015 - 2018 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA