indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Minggu, 17 Januari 2016

8 FLOATING MARKET Terbaik Indonesia ini bikin kamu jadi batalin perjalanan wisata Ke Thailand ...

Minggu, 17 Januari 2016

Print Friendly and PDF

CONTRIBUTOR
PANGKI PANGLUAR

FLOATING MARKET Terbaik Indonesia ini bikin kamu jadi batalin perjalanan wisata Ke Thailand ...


Berwisata ke beberapa Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia, tentunya kamu akan mencari sesuatu yang unik, menarik, dan berbeda dari tempat wisata yang biasa kamu kunjungi sebelumnya. Bisa jadi dari Potensi Keindahan Alam maupun Kekayaan Budayanya, salah satu yang berbeda mungkin adalah Tempat Wisata Berikut ini.  Berikut Kami Hadirkan 8 FLOATING MARKET Terbaik versi The Colour OfIndonesia !



Apa itu FloatingMarket ?


Dalam kamus Bahasa Indonesia Floating Market mempunyai arti (Float = Mengapung), (Market = Pasar) , yang berarti Pasar Terapung. Floating Market mempunyai pengertian tempat segala kegiatan atau transaksi jual beli yang dilakukan oleh Masyarakat pada sebuah Sungai, Danau, atau Laut di sekitar, biasa disebut Pasar Terapung. Floating Market pada dasarnya merupakan bagian dari Konsep WaterFrontCity dimana Warga dari sebuah daerah tersebut sangat bergantung kepada air sebagai sumber mata pencaharian mereka. Hubungan Floating Market dengan Konsep WaterFront City dapat kita lihat di sekitar Kanal Sungai yang mengaliri air dari hulu ke hilirnya (Pantai/ Laut). Di sekitar Kanal Sungai biasanya terdapat transaksi perekonomian, entah itu berupa Pasar (Market) maupun kegiatan lainnya yang mendatangkan Potensi Wisata pada daerah tersebut. Floating Market pada umumnya terdapat di Wilayah Asia seperi Thailand, Myanmar, India, dan Indonesia. Disamping faktor persamaan kebudayaan, geografis juga menjadi hal penentu kenapa Pasar Terapung banyak dijumpai di wilayah Asia. Kondisi wilayah Asia yang banyak terdapat Sungai menjadikan Masyarakat di wilayah Asia sangat bergantung kepada Sungai sebagai sumber mata pencaharian mereka.



Pasar Terapung yang ada di Indonesia bisa terbentuk dari :

- Kondisi Alam ; beberapa sungai di Pulau Kalimantan, dan Sumatera, dipergunakan sebagai tempat transaksi jual beli untuk konsep Pasar Terapung. Floating Market yang terbentuk berasal dari Kebudayaan setempat yang berlangsung secara turun temurun, dan dikelola secara langsung oleh Pemerintah Daerah setempat.

- Kondisi Buatan ; banyak tempat wisata di Indonesia yang menawarkan konsep Floating Market untuk dijadikan bagian dari Potensi Wisata setempat. Hal tersebut bukan merupakan hasil Kebudayaan Masyarakat setempat, tetapi merupakan hasil imitasi yang meniru beberapa tempat wisata Terbaik di Indonesia maupun Dunia, yang diterapkan pada tempat wisata tertentu dan dijadikan sebagai aset Potensi Wisata pada daerah tertentu. Biasanya dikelola oleh Pengembang maupun Pihak Swasta. Dalam hal ini tentunya menerapkan Konsep Pasar Terapung untuk dijadikan Potensi Wisata Daerah Tertentu ...


8 FLOATING MARKET Terbaik versi The Colour Of Indonesia !

1. Pasar Terapung Muara Kuin - Banjarmasin, Kalimantan Selatan



Pasar Terapung Muara Sungai Kuin atau Pasar Terapung Sungai Barito adalah pasar terapung tradisional yang berada di atas sungai Barito di muara sungai Kuin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pasar Terapung Muara Kuin merupakan Pusaka Saujana Kota Banjarmasin. Para pedagang dan pembeli menggunakan Jukung, sebutan perahu dalam bahasa Banjar. Pasar ini mulai setelah salat Subuh sampai selepas pukul tujuh pagi. Matahari terbit memantulkan cahaya di antara transaksi sayur-mayur dan hasil kebun dari antar kampung sepanjang aliran sungai Barito dan anak sungainya. Para pedagang wanita yang berperahu menjual hasil produksinya sendiri atau tetangganya disebut dukuh, sedangkan tangan kedua yang membeli dari para dukuh untuk dijual kembali disebut panyambangan. Keistemewaan pasar ini adalah masih sering terjadi transaksi barter antar para pedagang berperahu, yang dalam bahasa Banjar disebut bapanduk.

Sumber
https://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_Terapung_Muara_Kuin


2. Pasar Terapung Lok Baintan - Banjar, Kalimantan Selatan



Selain Pasar Terapung Muara Kuin, ada juga pasar terapung lainnya yaitu Pasar Terapung Lok Baintan, Banjar. Pasar ini berada di Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Tak jauh beda dengan Pasar Terapung Muara Kuin, pasar ini juga dipenuhi oleh pedagang dan pembeli yang menggunakan perahu kecil atau biasa disebut dengan Jukung. Turis yang datang bisa menyewa perahu kecil untuk berkeliling pasar. Kamu juga bisa berkeliling menggunakan perahu yang kamu sewa sambil berbelanja.





Sumber
https://www.selasar.com/gaya-hidup/lima-pasar-terapung-indonesia-yang-harus-kamu-tahu


3. Pasar Terapung Sungai Musi Palembang - Sumatera Selatan



Pasar Terapung bukan hanya milik Pulau Kalimantan pada umumnya, Sumatera yang juga mempunyai banyak sungai, khususnya di wilayah Sumatera Selatan, mempunyai Pasar Terapung yang  turun temurun dilakukan oleh Masyarakat Sekitar. Jembatan Ampera yang merupakan jembatan Pembelah Sungai Musi menjadi pusat dari Pasar Terapung. Pasar Terapung di tempat ini, selain menawarkan kebutuhan pokok, yang utama adalah menghadirkan Sensasi Kuliner Khas Sungai Musi. Wajar jika banyak Wisatawan yang melancong untuk menikmati Wisata Kuliner di atas Perahu Sungai Musi.

4. Pasar Terapung Langkat – Sumatera Utara



Pasar Terapung juga ada di Sumatera Utara. Namun berbeda dengan pasar terapung yang ada di Kalimantan, Pasar Terapung Langkat memang sengaja dibangun oleh pemerintah setempat yakni pada tahun 2009. Berada di Sungai Langkat, pasar terapung di sini jauh lebih modern. Meskipun konsepnya sama dengan pasar terapung di Kalimantan. Pasar ini memang sengaja dibuat untuk menjaga kestabilan harga ikan kerapu yang merupakan Hasil Kekayaan Andalan Kabupaten Langkat Sumatera Utara.

Sumber
https://www.selasar.com/gaya-hidup/lima-pasar-terapung-indonesia-yang-harus-kamu-tahu

Lihat Lebih Lengkap>>>

5. Pasar Terapung Lembang – Bandung, Jawa Barat



Pasar Terapung Lembang terbentuk dari konsep Danau yang dijadikan tempat wisata untuk wisatawan yang berkunjung ke Bandung, khususnya Lembang. Di Danau Situ Umar, yang lokasinya di belakang Grand Hotel Lembang, Pihak Pengelola, sengaja membuat konsep Pasar Terapung yang meng-imitasi Konsep Beberapa Pasar Terapung di Thailand. Di tempat ini selain ditawarkan beberapa hasil Komoditi Jawa Barat, kamu juga dapat menikmati sensasi Beraneka Ragam Kuliner Khas Jawa Barat di Pasar Terapung ini.


6. Pasar Ah Poong Sentul City – Bogor, Jawa Barat



Pasar Ah Poong yang terletak di Kota Mandiri Sentul City merupakan Pasar Terapung buatan yang konsepnya mirip dengan Pasar Apung Lembang. Hanya saja pada Pasar Ah Poong berada di atas Sungai Cikeas yang sengaja diperuntukan bagi Pasar Terapung ini. Pihak pengembang sengaja mengadaptasi Pasar Terapung Thailand ke dalam konsep Pasar Ah Poong. Di sini kamu dapat menikmati sensasi beraneka ragam Kuliner rekomendasi Pakar Kuliner Bondan Winarno bersama jaringan Food Court Eat&Eat yang terkenal di Jakarta dan beberapa sajian kuliner disajikan di atas Perahu. Sambil makan kamu dapat menikmati perjalanan di atas Sungai Cikeas Pasar Ah Poong ini. Sumber Foto Samping : VaniaSamperuru


7. Pasar Terapung Nusantara, Malang – Jawa Timur




Pasar Terapung Nusantara merupakan bagian dari area kompleks Jatim Park, Batu - Kabupaten Malang. Tepat berada di depan Museum Angkut Batu Malang. Pasar Apung ini berada pada sungai buatan yang sengaja dibuat oleh Pengelola untuk Pariwisata di Kota Batu ini. Pasar Apung yang merupakan bagian dari Museum Angkut adalah Pasar Terapung yang diperuntukan bagi pengenalan Sejarah Moda Transportasi menggunakan Perahu. Di Pasar Terapung ini, selain menikmati wisata kuliner, kamu dapat menikmati perjalanan menggunakan Perahu dengan spot yang menarik. Jadi siapkan foto untuk ber-Selfie Ria selain pasar Terapung yang merupakan bagian dari Museum Angkut, spot menarik di tempat museum angkut lainnya teramat sayang untuk kamu lewatkan !



8. Pasar Siring Pierre Tendean, Banjarmasin – Kalimantan Selatan


Jumlah para pedagang di pasar apung makin surut. Ini dikarenakan kehadiran pasar yang modern di daratan dan kian sedikitnya anak muda yang mau melanjutkan tradisi ekonomi yang menarik tersebut. Namun, Pemerintah Lokal berupaya mempertahankannya. Salah satunya dengan memusatkan pasar apung di Sungai Martapura, dekat kantor gubernur di Jalan Pierre Tendean, Kota Banjarmasin. Namun, pasar apung ini hanya beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu.

Sumber 
http://rooang.com/2015/03/6-pasar-apung-di-indonesia/3/ 

Kembali : TERBAIK


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Copyright ©2015 - 2018 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA