indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Rabu, 20 Januari 2016

5 Hal Ini Kamu Wajib Tahu Tentang Candi Boko Yogyakarta !

Rabu, 20 Januari 2016

Print Friendly and PDF
ppp
CONTRIBUTOR
PANGKI PANGLUAR

5 Hal Ini Kamu Wajib Tahu Tentang Candi Boko Yogyakarta !
Sebagai Daerah Sejarah dan Budaya, Yogyakarta ternyata memiliki Banyak Candi. Bukan hanya Candi Prambanan yang menyimpan sejuta Eksotisme, Candi Boko ternyata juga menyimpan banyak rahasia dan sayang untuk kamu lewatkan. Berikut  5 Hal Ini Kamu Wajib Tahu Tentang Candi Boko Yogyakarta !



1. Asal Mula Candi Boko Versi Negeri Saba’



Berbeda dengan cerita asal mula Candi Ratu Boko berasal dari Peninggalan Dinasti Sailendra (Rakai Panangkaran), dimana diceritakan bahwa Ratu Boko (bahasa Jawa, arti harafiah: “Raja Bangau”) merupakan Ayah dari Loro Jonggrang yang dikaitkan dengan Candi Utama di Kompleks Candi Prambanan (secara historis mempunyai hubungan kedekatan dengan Candi Prambanan), namun Candi Ratu Boko Versi Negeri Saba’ nampaknya berbeda dengan Versi Peninggalan Dinasti Sailendra. Diceritakan bahwa Candi Ratu Boko Versi Negeri Saba’ merupakan Istana milik Ratu Bilqis yang dipindahkan oleh Nabi Sulaiman ke wilayah Magelang – Jawa Tengah yang kini bernama Candi Borobudur. Sebab mulanya Candi Ratu Boko dipindahkan ke Magelang menjadi Candi Borobudur, karena Candi Ratu Boko yang merupakan Istana Sang Ratu digunakan sebagai tempat pemujaan Ratu Bilqis dan Rakyatnya yang menyembah Matahari dan Sesama Manusia. Hal ini membuat Nabi Sulaiman mengingatkan bahwa segala ritual yang dilakukan oleh Sang Ratu tidak sesuai dengan Aqidah Islam. Nabi Sulaiman bersama para pengikutnya akhirnya memindahkan Istana Ratu Bilqis ke sebuah tempat lainnya di Negeri Saba'. Hal ini terjadi ketika Sang Ratu menghadap Nabi Sulaiman sebagai pembuktian terhadap ketidakpatuhan Sang Ratu, dan pengikutnya terhadap larangan Nabi Sulaiman AS, serta ingin membuktikan bahwa atas izin Allah SWT, Nabi Sulaiman AS, dapat melakukan apa saja termasuk memindahkan Istana Sang Ratu ke sebuah tempat lain di Negeri Saba'. Dalam proses selanjutnya Ratu Bilqis akhirnya tunduk dan taat terhadap apa yang diperintahkan oleh Allah SWT melalui Nabi Sulaiman AS, dan menjadikan Istana Sang Ratu (Candi Ratu Boko) dipindahkan oleh Nabi Sulaiman dari  Yogyakarta ke Magelang (Jawa Tengah) yang kini bernama Candi Borobudur. Dikemudian hari Nabi Sulaiman yang bergelar Raja Sulaiman bin Daud mempersunting Ratu Bilqis binti Syarohil untuk menjadi permasurinya, setelah Sang Ratu terlebih dahulu memeluk Islam. Mereka terus berjuang mengemban amanat dari Allah SWT untuk memberantas segala bentuk kemusyrikan dan menyebarluaskan kebenaran hingga agama Allah berdiri tegak di muka bumi.

Relief Pada Istana Ratu Bilqis dan Pengkutnya yang dipindahkan ke Candi Borobudur

Lalu yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara memindahkan Candi Ratu Boko ke Candi Borobudur, Bukankah Kompleks Candi Borobudur teramat luas ?

Secara Logika dan penalaran Manusia memang sulit rasanya bila diterima dengan akal sehat bahwa Candi Borobudur yang begitu luas merupakan hasil pemindahan Istana Sang Ratu yang terletak di Yogyakarta dan dipindahkan ke Magelang (Jawa Tengah). Analisisnya ;

1)   Butuh berapa lama proses pemindahan dari Candi Ratu Boko (Yogyakarta) ke  Candi Borobudur (Magelang) ? (Terlebih jika dilakukan oleh Manusia) Mengingat jarak tempuhnya saja menggunakan mobil dari Yogyakarta  - Magelang berkisar 1 jam perjalanan atau 36 Km. Sedangkan seperti kita ketahui di zaman tersebut - sekarang belum adanya Teknologi yang dapat melakukan proses pemindahan Candi secara cepat.
2)  Butuh berapa ton untuk mengangkat Candi yang begitu berat dan luas ? secara nalar adalah sesuatu yang mustahil jika itu dilakukan oleh Manusia.

Berdasarkan Surat QS. An-Naml: 15-16;
"Dan sesungguhnya Kami telah memberi ilmu kepada Daud dan Sulaiman; dan keduanya mengucapkan: 'Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hamba-Nya yang beriman.' Dan Sulaiman telah mewarisi Daud dan dia berkata: 'Hai manusia, kami telah diberi pengertian tentang suara burung dan kami diberi segala sesuatu, sesungguhnya (semua) ini benar-benar suatu karunia yang nyata.'"

Dimana ayat tersebut mempunyai arti :
Nabi Sulaiman mampu mendengar bisikan semut yang berbicara dengan sesama mereka, bahkan ia mampu memerintahkan semut tersebut sehingga semut itu taat kepada perintahnya. Pasukan Nabi Sulaiman memiliki kekuatan yang sangat dahsyat di dunia. Belum pernah ada di dunia suatu pasukan yang memiliki kekuatan seperti ini, Kekuatan Nabi Sulaiman berasal dari beberapa kombinasi yang sangat mengagumkan sehingga karenanya ia tidak dapat tertandingi. Kekuatan itu terdiri dari manusia, jin, dan burung. Kita mengetahui bahwa jin adalah makhluk Allah SWT dan manusia tidak mampu melihatnya atau menghadirkannya atau meminta pertolongannya, sedangkan Sulaiman telah diberi Allah SWT kemampuan untuk untuk menundukkan jin dan mempekerjakan mereka sebagai tentara di tengah-tengah peperangan, bahkan ia mampu menjadikan mereka sebagai pekerja-pekerja kasar di kerajaannya saat tidak ada peperangan. Ketika ada pasukan lain yang mencoba melawan pasukan ini, maka mustahil mereka akan merasakan kemenangan. Bahkan pasukan Sulaiman juga diperkuat oleh pasukan burung. Burung di pasukan Sulaiman memerankan tugas penting. Yaitu apa yang kita kenal saat ini dengan istilah Badan Intelejen. Kita mengetahui bahwa peranan informasi saat peperangan adalah hal yang sangat penting. Dari informasi tersebut, pasukan dapat mengetahui keadaan musuhnya. Demikianlah peranan burung pada pasukan Sulaiman. Ia terbang di tengah-tengah musuh kemudian ia kembali kepada Sulaiman untuk menyampaikan berita tentang keadaan musuhnya. Di sampaing semut, jin dan burung, Allah SWT juga menundukkan angin untuk Sulaiman. Nabi Sulaiman dapat memerintah angin dan ia mampu untuk menaiki angin bersama tentaranya.

Seperti yang disebutkan Semut, Jin, Burung, dan Angin, Atas Perintah Allah SWT, taat dan tunduk kepada Perintah Nabi Sulaiman AS. Jadi jika dihubungkan dalam proses pemindahan Istana Sang Ratu ke Borobudur, dilakukan oleh Jin sebagai Pengikut Nabi Sulaiman.

Hal ini dapat dibuktikan dengan  adanya beberapa Penelitian Ilmiah; seperti :




- Arca dan bangunan yang ada di Candi Borobudur mempunyai persamaan dengan sisa peninggalan yang ada di Istana Milik Sang Ratu (Candi Ratu Boko). Jika kamu melihat Candi Ratu Boko seperti kompleks yang menyisahkan bangunan di beberapa bagiannya. Bangunan di Candi Ratu Boko tampak tidak utuh, walaupun mempunyai area yang amat luas.



- Hubungan Candi Ratu Boko dengan Nabi Sulaiman (Cerita Versi Negeri Saba') dibuktikan dengan adanya Surat dari Nabi Sulaiman untuk Ratu Bilqis. "Berkata ia (Balqis): "Hai pembesar-pembesar, sesungguhnya telah dijatuhkan kepadaku sebuah surat yang mulia. Sesungguhnya surat itu, dari SuIaiman dan sesungguhnya (isi) nya: "bismillahirrahmaanirrahiim" (QS. An Naml:29-30). Di Indonesia ada bukti yang ditemukan di Istana Ratu Boko berupa lempengan/plat emas bertuliskan bismillahirrahmaanirrahiim. Sedangkan di Yaman tempat dimana daerah Saba’ berada tidak ada.

Alam Indonesia "Gemah Ripah Loh Jinawi"

- Dalam Alquran, wilayah Saba’ ditumbuhi pohon yang sangat banyak. (QS Saba’ [34]: 15). Dalam kamus bahasa Jawi Kuno, yang disusun oleh Dr Maharsi, kata 'Wana' bermakna hutan. Jadi menurut KH Fahmi Basya, wana saba atau Wonosobo adalah hutan Saba. Jika kita merujuk Daerah Wonosobo mempunyai persamaan dengan apa yang tertulis di dalam Al-Quran (QS Saba ayat : 15) dan bukan Daerah Saba di Yaman yang terkenal gersang dan tandus.
  Baca : Indonesia Negeri Saba’ – KH. Fahmi Basya




















2. Tempat Suci di Beberapa Lokasi Candi
ppp

Jika kamu berjalan di sekitar tempat sisa peninggalan Istana Sang Ratu, memang ada sesuatu yang magis. Di beberapa tempat seperti Goa dan Singgasana Sang Ratu (Keputren) terdapat larangan untuk membakar kemenyan dan hal lain yang bersifat pemujaan. Konon kabarnya sampai saat ini, Nabi Sulaiman AS memerintahkan pasukannya yang terdiri dari Jin untuk menempati bekas Istana Sang Ratu terutama di beberapa bagian Istana yang digunakan sebagai tempat pemujaan seperti Goa dan Keputren. Hal ini dimaksudkan agar dikemudian hari, tempat tersebut tidak digunakan sebagai tempat pemujaan, dan pembakaran kemenyan merupakan salah satu proses ritual yang dilakukan oleh Sang Ratu dan Pengikutnya untuk menyembah Matahari dan Sesama Manusia.












3. Lokasi Yang Berdekatan Dengan Candi Lainnya
ppp
ppp
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Candi Ratu Boko berdekatan dengan Candi Prambanan. Bahkan dari Plaza Andrawina “Tempat dengan Vieweng Point yang indah” bisa kamu datangi. Dari tempat ini, kamu dapat melihat Kompleks Candi Prambanan. Walaupun lokasinya berdekatan, secara historis berdasarkan cerita Negeri Saba’ Candi Boko tidak mempunyai sejarah yang sama dengan Asal Mula Candi Prambanan. Candi Boko merupakan sisa Istana Sang Ratu yang dipindahkan dari Yogyakarta ke Magelang Jawa Tengah dan bernama Candi Borobudur.


4. Tempat Yang Bagus Buat Pre Wedding
pp
ppp
Bangunan Klasik dan sarat unsur Budaya Jawa di sisa peninggalan Istana Sang Ratu ini memang sangat mempesona. Banyak spot menarik yang ditawarkan oleh keindahan Candi Boko. Tidak heran jika Candi Ratu Boko menjadi Salah Satu Spot Sesi Pemotretan Prewedding Terbaik Di Indonesia. Terlebih jika kita melihat latar belakang kisah pertemuan Nabi Sulaiman AS yang akhirnya mempersunting Ratu Bilqis menjadi Permaisurinya tentunya akan menambah kesan Romantis Tersendiri !


5. Objek Wisata Lainnya Di Sekitar Ratu Boko
pp

Selain melihat Situs Sisa Peninggalan Sang Ratu, kamu juga dapat menikmati aktivitas lainnya yang dapat kamu lakukan di sekitar Candi Boko. Berkemah, Trekking dapat kamu lakukan di sekitar lokasi Candi yang alamnya memang terkenal berbukit ini. Selain itu Pihak Pengelola “PT. Taman Wisata Candi” salah satu BUMN, menyediakan restaurant, tempat menjual souvenir, dan ruang terbuka yang bernama “Plaza Andrawina”. Di tempat ini sering dipergunakan untuk acara rapat kantor yang dilakukan oleh Instansi Pemerintah maupun Swasta. Plaza Andrawina juga merupakan Viewing Point yang bagus untuk melihat Candi Prambanan yang lokasinya berdekatan dengan Candi Boko serta Sunset saat Matahari Terbenam. Objek Wisata Candi Boko juga searah dengan Objek Wisata Lainnya di Yogyakarta seperti Hutan Wanagama, Goa Jomblang, dan Deretan Pesisir Pantai Selatan Pulau Jawa di Timur Yogyakarta antara lain Pantai Baron, Kukup, Krakal, Indrayanti, Sadranan, serta Objek Wisata lainnya.


Kembali : ARTIKEL

Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Ensiklopedi Indonesia


Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>



Traveling Kita

Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Copyright ©2015 - 2017 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA