indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Rabu, 13 Januari 2016

14 Taman Air Mancur Terbaik Indonesia

Rabu, 13 Januari 2016

Print Friendly and PDF

CONTRIBUTOR
PANGKI PANGLUAR

14 Taman Air Mancur Terbaik Indonesia
pp

Kelengkapan Sebuah Kota untuk memanjakan masyarakat sekitar menjadi salah satu indikator bahwa Kota tersebut tumbuh bersinergi baik bersama dengan warganya. Fasilitas seperti Rumah Sakit, Mall, Hotel, Pusat Bisnis memang diperlukan untuk melihat ukuran maju atau tidaknya sebuah Kota itu berada. Salah satu syarat lainnya adalah bahwa kota tersebut juga banyak menyediakan fasilitas rekreasi dan hiburan secara gratis kepada warganya. Salah satu fasilitas rekreasi yang diberikan secara gratis adalah Taman Kota. Terlebih jika sebuah Taman Kota dipercantik dengan adanya Air Mancur Kota. Hal ini bisa jadi selain sebagai Icon/ Landmark yang memperjelas keberadaan sebuah Kota, juga sebagai salah satu yang mendatangkan keuntungan bagi Potensi Wisata Daerahnya. Berikut Kami Hadirkan Taman Air Mancur Terbaik Indonesia versi The ColourOf Indonesia !
pp
1. Taman Air Mancur Sri Baduga – Purwakarta


Taman Air Mancur ini diprediksi menjadi yang terbesar di Asia Tenggara pada saat ini. Bahkan Taman Air Mancur Sri Baduga  mengalahkan Air Mancur Wings Of Time di Singapura, dan menempati Posisi Terbesar Ke-Sepuluh Dunia. Nama Taman Air Mancur ini berasal dari nama Prabu Siliwangi atau Sri Baduga yang merupakan Raja dari Tanah Pasundan. Jadi bisa dibilang konsepnya Indonesia Banget. Dimana memiliki filosofi ke-Indonesia-an yang kental dan menggambarkan tentang keragaman suku, ras, agama serta budaya yang dibingkai dalam Bhineka Tunggal Ika dan Falsafah Pancasila. Ini semua  berada dalam wadah persatuan Indonesia yang dilambangkan dengan bentuk situ tempat air mancur berjoget yang berbentuk buleud atau bulat.


Selain untuk meningkatkan Potensi Wisata Daerah, Taman Air Mancur ini direncanakan akan menjadi tempat diselenggarakan beberapa Event Konser Internasional. Selain itu pada jam tertentu pengunjung dapat melihat keindahan dari Pertunjukan Taman Air Mancur ini. Dimana air mancur dapat berjoget sesuai dengan alunan musik yang diputar. Dan bikin bangga lagi, mulai dari Bangunan hingga Tarian saat Air Mancur melakukan sebuah pertunjukkan, 100% pengerjaannya dilakukan oleh Warga Purwakarta, Orang Indonesia Asli.


Alamat :
Situ. Buleud Purwakarta



2. Taman Air Mancur Surya – Surabaya


Walikota Surabaya saat ini “ Tri Rismaharini” memang sangat suka dengan Keindahan Taman Kota. Hal ini dapat dibuktikan dengan kehadiran beberapa Tama Kota yang menjadi penyejuk untuk melepas penat bagi Warga Kota Surabaya. Salah satunya adalah kehadiran Taman Surya atau biasa disebut Taman Balai Kota Surabaya. Lokasinya tepat berada di depan Balai Kota Surabaya, sehingga tidak heran bila Taman Air Mancur Surya disebut Taman Balai Kota Surabaya. Taman Air Mancur ini bisa jadi merupakan sarana Hiburan Gratis bagi Warga Kota Surabaya untuk menikmati permainan Air Mancur terutama bagi anak – anak yang menginginkan untuk bermain di Taman Air Mancur ini. Pada hari Libur banyak Warga Surabaya yang berkunjung ke Taman Surya. Selain itu Taman Air Mancur ini juga dilengkapi dengan Jogging Track dimana Warga dapat menikmati fasilitas lari Pagi di sekitar Balai Kota Surabaya.


Alamat :
JL Taman surya No. 1, Surabaya



3. Taman Air Mancur Sungai Kapuas - Pontianak


Bukan hanya Pulau Jawa saja yang mempunyai Taman Air Mancur Terbaik di Indonesia. Pontianak yang Kotanya berkonsep WaterFrontCity menjadikan Air Mancur ini sebagai Landmark bagi Kota Pontianak. Taman Air Mancur Sungai Kapuas terletak tepat di Alun Kota Pontianak, tepian Sungai Kapuas. Taman Air Mancur ini berdekatan dengan Tugu Khatulistiwa Pontianak. Dari tempat ini kita dapat melihat aktivitas Warga yang sangat bergantung dengan Sungai sebagai sumber mata pencahariannya. Tepian Sungai Kapuas juga menjadi salah satu destinasi Wisata di Kota Pontianak.


Alamat :
Alun Kota Pontianak



4. Taman Air Mancur Monas – Jakarta



Monas yang menjadi Ikon bagi Kota Jakarta memang dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Selain Hutan Kota, Taman Air Mancur Monas juga merupakan spot yang menarik bagi Wisatawan yang berkunjung ke Monumen Nasional ini. Ditempat ini Warga Kota dapat menikmati Taman Air Mancur yang menarik dengan efek sinar lampu di malam hari. Walaupun sempat tak berfungsi selama 2 tahun belakangan ini. Direncanakan Tahun 2016, Air Mancur Monas difungsikan kembali dengan berbagai perubahan Tata Cahaya yang lebih baik untuk mempercantik Monas sebagai salah satu LandMark dari Kota Jakarta.


Alamat :
Monumen Nasional – Jakarta Pusat



5. Taman Air Mancur Vanda – Bandung



Taman ini sengaja dibangun oleh Walikota Bandung “Ridwan Kamil” untuk memperindah Bandung sebagai Kota Tempat Puncak diselenggarakan Konfrensi Asia Afrika Ke – 60, Tanggal 24 April 2015 tahun lalu. Selain Tri Rismaharini, Ridwan Kamil memang juga gencar membangun Taman Kota untuk mempercantik Kota Bandung sebagai salah satu Kota Destinasi Wisata Internasional. Tidak heran Ia dianugerahi sebagai Walikota Terbaik Dunia Versi World Major Foundation. Taman Air Mancur Vanda dilengkapi dengan Tata Lampu yang indah pada malam hari. Taman Air Mancur ini merupakan Taman Percontohan di Indonesia yang sengaja dibuat untuk menghadirkan Interaksi Komunal Antar Warga Di Daerah Perkotaan.


Alamat :
Jalan Merdeka No.9, Sumur Bandung, Jawa Barat 40111



6. Taman Air Mancur Bundaran HI – Jakarta



Salah satu lagi Taman Air Mancur Terbaik di Jakarta. Bundaran Hotel Indonesia merupakan salah satu Icon/ Landmark Jakarta selain Monumen Nasional (Monas). Di Bundaran ini berdiri Tugu Selamat Datang dan tepat di bawahnya terdapat Taman Air Mancur yang melegenda. Dibuat sekitar Tahun 60-an ketika Indonesia pada masa sulit, hingga saat ini Bundaran Hotel Indonesia tetap menjadi Icon yang melegenda. Karena berlokasi tepat di Jantung Ibu Kota, dan pusat denyut nadi perekonomian, Bundaran Hotel Indonesia sering dipakai untuk kegiatan orasi para demonstran yang tidak puas terhadap kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah. Selain itu oleh Para Netizen, Bundaran Hotel Indonesia juga merupakan spot yang menarik untuk dijadikan background foto pada Sosial Media mereka seperti Instagram, Facebook, Twitter, maupun Path.


Alamat :
Bundaran Hotel Indonesia - Jakarta


Sumber Foto : GazelleDames.Wordpress.com

7. Taman Air Mancur Alun Tugu – Balai Kota Malang



Kota Malang sebagai salah satu pusat destinasi wisata di Pulau Jawa, selain Yogyakarta, Bandung, dan Semarang juga menyimpan keunikan tersendiri bagi beberapa spot menarik pada tempat wisatanya. Salah satunya adalah Taman Air Mancur Alun Tugu Balai Kota Malang. Ditempat ini sebuah Taman cantik melengkapi Air Mancur yang terletak di areal taman tersebut. Taman Air Mancur Tugu juga dilengkapi dengan kolam teratai yang berada di sekitar Air Mancur Tugu, jadi bukan hanya pada malam hari kita dapat menikmati keindahan tetapi pada pagi maupun sore hari Taman Air Mancur Tugu juga tampak cantik.


Alamat :
Jl. Tugu, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111

8. Taman Air Mancur Prameswara dan Air Mancur Masjid Agung – Palembang



Selain Jakarta, Palembang juga pernah menjadi Tuan Rumah bagi terselenggaranya Pesta Olah Raga Asia Tenggara (SEA GAMES) Ke – XXVI tahun 2011 lalu. Untuk mengingat hal tersebut maka Air Mancur Prameswara dibuat di Palembang, dan terletak ke arah Stadion Internasional Jakabaring Palembang. Selain itu juga terdapat Air Mancur Masjid Agung Palembang, Air Mancur ini merupakan Landmark bagi akses menuju Jembatan AmperaJembatan yang membelah Sungai Musi – Sungai Terbaik Indonesia” Sumber Foto Bawah : EryTodes - Media Centre Diskominfo Kota Palembang.



Alamat :
- Stadion Internasional Jaka Baring Palembang
- Masjid Agung Palembang

9. Taman Air Mancur Bekapai - Balikpapan


Balikpapan yang terkenal dengan sebutan Kota Minyak, ternyata juga menjadi Nominasi Kota yang paling nyaman untuk ditempati Versi WWF dalam event We Love Cities. Sebagai Kota yang paling nyaman tentu saja Pemerintah Daerah banyak mendirikan Taman Kota. Salah satu Taman Kota yang dilengkapi dengan keindahan Air Mancurnya adalah Taman Bekapai. Taman Air mancur ini dilengkapi dengan tata lampu yang indah di malam hari. Taman yang terletak di Pusat Kota Balikpapan menjadi salah satu Destinasi Wisata yang menarik bila kamu berkunjung ke kota ini.


Alamat :
Jl. Jend. Sudirman - Balikpapan



10. Taman Air Mancur Pecangakan Jembrana – Bali


Bali sebagai salah satu Destinasi Wisata Internasional, memang menawarkan sejuta pesona keindahan pada Icon/ Landmark di beberapa daerahnya. Salah satunya adalah Taman Air Mancur Pecangakan. Terletak di Pusat Pemerintahan Kabupaten Jembrana Bali, Taman Air Mancur ini berdiri bersama dengan Patung Bimasena salah satu Toko Pewayangan Hindu - Bali. Taman Air Mancur ini tampak indah berpadu dengan arsitektur Khas Hindu Bali.

Alamat :
Pusat Pemerintahan Kota Jembrana - Bali


11. Taman Air Mancur Menari Kenjeran – Surabaya



Pantai Kenjeran Surabaya, yang diperuntukkan sebagai Kawasan Dengan WaterFront City Terbaik, giat membangun spot yang menjadi titik tempat wisatanya. Selain Universal Studio yang akan direncanakan dibangun di Kawasan Pantai ini, Taman Air Mancur Menari menjadi salah satu spot menarik yang telah ada terlebih dahulu. Air Mancur ini hampir sama dengan Air Mancur Sri Baduga di Purwakarta, maupun Monas di Jakarta. Pada waktu tertentu air terjun ini akan menari mengikuti iringan musik. Pada Malam Hari adalah waktu yang terbaik untuk menikmati keindahan Air Mancur Menari dengan Tata Cahaya Lampunya. Sumber Foto Atas dan Bawah : PT. Esparindo DayaMegah

Alamat :
Jl Pantai Kenjeran, Surabaya



12. Taman Air Mancur Alun – Alun - Purwokerto


Tepat berada di Alun Kota Purwokerto, Air mancur ini menawarkan sensasi Air Mancur yang atraktif. Air mancur ini biasa digunakan oleh anak – anak maupun Warga sekitar yang ingin menikmati hiburan gratis di Air Mancur Alun Kota Purwokerto. Berdampingan dengan rencana Mall terbesar di kota ini, diharapkan air mancur ini akan mempunyai nilai lebih. Seperti terselenggaranya Konser maupun Event Daerah yang mendukung Potensi Wisata Kota Purwokerto.

Alamat :
Jl. Jenderal Sudirman, Bobosan, Purwokerto, Jawa Tengah


13. Taman Air Mancur Alun – Alun Kota Malang


 Sumber Foto : KeluargaBiru.Com

Selain Taman Air Mancur Tugu yang terletak di BalaiKota Malang, Taman Air Mancur Kota Malang menjadi salah satu spot yang menarik bagi para wisatwan yang ingin berkunjung ke Kota Apel ini. Air mancur ini juga tampak cantik di malam hari dengan latar belakang Masjid Jami Kota Malang.


Alamat :
Jl. Alun Kota Malang - Masijd Jami Kota Malang


14. Taman Air Mancur Fountain Of Wealth Citraland – Surabaya



Jika kamu belum sempat melihat keindahan Air Mancur Terbesar Kedua Dunia “Fountain Of Wealth’ Di kawasan Suntec City Singapura, kamu cukup mengunjungi miniaturnya. Air Mancur Fountain Of Wealth Citraland - Surabaya merupakan replika Air Mancur yang serupa di Singapura, dan bisa dikatakan hampir serupa atau 11/12 dari segi bentuk. Walaupun mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil namun Air Mancur ini sering dijadikan Objek Foto untuk ber-Selfie Ria di Kawasan yang terkenal sebagai “The Little Singapore” ini


Alamat :
Jl. Citra Raya, Surabaya, Jawa Timur 60211



Kembali : TERBAIK


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Copyright ©2015 - 2018 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA