indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Selasa, 26 Januari 2016

10  Lokasi Street Food Terbaik Indonesia Ini Bisa Jadi Tempat Nongkrong Favoritmu !

Selasa, 26 Januari 2016

Print Friendly and PDF
pp
CONTRIBUTOR
PANGKI PANGLUAR

10  Lokasi Street Food Terbaik Indonesia Ini Bisa Jadi Tempat Nongkrong Favoritmu !
Berwisata ke Suatu Daerah di Indonesia, selain menikmati Pesona Wisata Alam dan Budaya Daerah, rasanya belum lengkap jika tidak berwisata Kuliner untuk mencicipi sajian kuliner yang ditawarkan dari setiap daerah di Indonesia. Terlebih lagi Kuliner Indonesia yang begitu kaya membuat Indonesia menjadi “Trully Asia” sebenarnya (Minjem Istilah Negara Tetangga). Coba kamu bayangkan makanan apa yang nggak ada di Indonesia ? Mulai dari Rendang sebagai masakan Terenak Nomor satu di Dunia hingga Sashimi Tuna dengan sambal Dabu Khas Gorontalo bisa kamu dapati di Indonesia. Tempat makanan yang menyajikannya pun bisa beraneka ragam mulai dari Restaurant Bintang Lima hingga Tempat Makan Kaki Lima, pastinya tersedia di Indonesia. Jadi bisa dibilang  Kombinasi Yang Lengkap bagi Kamu yang ingin incip dan menjelajah wisata Kuliner di Indonesia. Untuk itu, Kami ingin memberikan Informasi  mengenai hal ini. Disamping murah yang pastinya sesuai dengan standar kocek ala Backpacker, ditambah lagi Kamu juga bisa dapat sensasi tempat nongkrong makan favorit Kaki Lima yang pastinya asyik.
Berikut Kami hadirkan 10 Lokasi Street Food Terbaik Indonesia Versi The Colour Of Indonesia !
pp
pp
Apa Itu Street Food ?
Pasti kalian ada yang bingung dengan arti StreetFood yang kata – katanya agak sok Ke British-an ! Bagi yang jago Bahasa Inggris No problem, pastinya tahu donk meaning dari Kata Street Food ini, tapi bagi yang standar bahasa Inggrisnya bisa aja, ngartiin Street Food jadi = Street : Jalan; Food : Makanan = Makanan Jalanan. He...he...he... benar sih kalau diartiin, tapi meaningnya agak kurang tepat. Ok kalau begitu kita lanjut ya .... !

Menurut Wikipedia.org, Street Food adalah makanan atau minuman siap santap yang dijual di jalanan atau area publik, oleh penjaja atau penjual keliling, kadang-kadang dari tenda atau kios yang mudah dibereskan. Kebanyakan Street Food dibagi ke dalam jenis makanan finger food (makanan yang bisa dimakan dengan jari tangan) dan fast food (makanan cepat saji).

Sumber :
http://benitoramio-nugroho.blogspot.co.id/2013/05/terhipnotis-pesona-street-food-indonesia.html




Dan istilah StreetFood di Indonesia biasa disebut sebagai Makanan Kaki Lima. Contohnya kamu tahu donk makanan yang menggunakan Tenda atau waktu itu dikenal dengan istilah Kafe/ Warung Tenda. Waktu Krsis Moneter 1998 banyak Masyarakat bahkan Kalangan Artis yang berbondong mendirikan Kafe Tenda (mungkin sepi Job kali ya, waktu itu), tapi seiring berjalannya waktu, dan Ekonomi Indonesia lebih membaik, lambat laun Kafe Tenda mulai ditinggalkan alias banyak yang tutup. Di Daerah tertentu, ada juga Makanan Kaki Lima yang berkonsep Angkringan dan Lesehan, dimana Konsepnya memang untuk Nongkrong sambil Ngopi dan menikmati cemilan gitu, tapi jangan salah Makanan Kaki Lima tetap menjadi sasaran favorit bagi Pelancong dan Masyarakat untuk menikmati sajian di tempat ini. Selain Murah, Lebih Santai dan Rileks, Makanan Kaki Lima juga bisa jadi tempat Nongkrong yang enak bagi sebagian orang. Walaupun terkadang ada yang bilang kurang Higienis dari segi tempat dan penyajian, namun tetap aja Makanan Kaki lima menjadi Makanan Yang Merakyat.


Berikut Kami hadirkan 10 Lokasi Street Food Terbaik Indonesia Versi The Colour Of Indonesia !

1. Lokasi Kaki Lima – Pantai Losari, Makasaar



Makasar bisa dibilang rajanya dalam hal Kuliner. Siapa yang nggak kenal dengan Sup Konro, Coto Makasar, Jalangkote hingga Pisang Epe. Kuliner ini bisa jadi wajib untuk kamu coba, dan lokasi yang enak untuk mencoba semua jenis makanan ini, tentunya dengan harga yang lumayan miring ya di Lokasi Kaki Lima - Pantai Losari Makasar. Pesona Pantai Losari yang begitu Indah melengkapi sajian Kuliner Kaki Lima Kamu, yang pastinya buat kamu tidak akan melupakan bila ke tempat ini. Selain itu sajian Seafood Khas Pantai Losari bisa buat kamu ingin mengulang kembali untuk menikmati sensasi makan Kaki Lima di tempat ini.

2. Lokasi Kaki Lima – Jl. Banceuy, Bandung


Sumber Foto : DuniaKuliner 

Bandung, sebagai Kota Destinasi Wisata Internasional, memang punya banyak label yang melekat pada Kota Ini. Selain Kota  Wisata Belanja, Bandung juga dikenal punya Kuliner yang enak. Terlebih sebagai Ibu Kota dari Jawa Barat, tentunya Masakan Sunda mendominasi di Kota Kembang ini. Salah satu Lokasi Street Food yang paling asyik di bandung adalah Jl. Banceuy yang berdekatan dengan Jl. Braga - Bandung. Banyak makanan yang disajikan di tempat ini. Mulai dari Bubur Ayam Bandung yang terkenal dengan Cakwenya, Siomay, hingga Lo Mie dan Mie Kocok Bandung. Di Lokasi ini Kamu juga harus coba Ceu Mar, tempat kaki lima Prasmanan ala Kuliner Bandung. Dijamin tambah lengkap incip –incip kamu !


















3. Lokasi Kaki Lima – Jl Pecenongan, Jakarta



Sebagai Kota Megapolitan, tentunya banyak orang yang tertarik untuk menetap dan mencari Nafkah di Jakarta. Kamu pasti tahu donk, bahwa Jakarta di tempati oleh berbagai macam Etnis yang ada di Indonesia. Bahkan Para Ekspatriat yang Notabenya Tenga Kerja Asing juga banyak yang menetap di Ibu Kota Negara Indonesia ini. Coba kamu berkunjung ke Jl. Pecenongan Jakarta Pusat. Jalan ini menyajikan banyak sajian khas Oriental. Karena asal – usul Jalan ini memang merupakan salah satu daerah Pecinan di Jakarta yang mempunyai batas dengan wilayah Jakarta Barat, otomatis sajian Kuliner seperti Bakmi, hingga Sea Food Khas Orental bisa kamu temui. Sebenarnya bukan hanya makanan Khas Oriental saja, atau identik dengan Tempat Makan Kaki Lima. Pecenongan sebagai Salah Satu Pusat Wisata Kuliner di Jakarta menyajikan berbagai menu pilihan Makanan. Mulai dari Makanan Oriental hingga Makanan Indonesia lainnya. Mulai dari Makanan Kaki Lima hingga Bintang Lima, semuanya ada di jalan ini.

4. Lokasi Kaki Lima – PSP StreetFood, TanjungPinang



PSP Street Food atau biasa disebut Akau Potong Lembu merupakan Lokasi Kaki Lima terkenal di Kota Tanjung Pinang, Ibu Kota Kepulauan Riau. Lokasi Kaki Lima ini menyajikan berbagai macam makanan khas Tanjung Pinang yang tekenal dengan Makanan Seafoodnya. Kamu bisa coba menikmati Otak Ikan Tenggiri, Siput Gonggong, hingga Sempolet Makanan Seafood Khas Melayu, dijamin pasti enak !

5. Lokasi Kaki Lima – Sungai Musi, Palembang



Lokasi Kaki Lima di tempat ini, disajikan lengkap mulai dari Kafe Tenda, Warung Terapung, hingga Restaurant Konsep Bintang Lima. Yang disajikan apalagi kalau bukan keindahan Sungai Musi yang mempesona. Kamu dapat menikmati hidangan Khas Palembang dan Sumatera Selatan pada umumnya. Seperti Empek Palembang, Mie Celor, hingga Tekwan. Sumber Foto Samping : DentistChef2015


6. Lokasi Kaki Lima – Taman Bungkul, Surabaya


Taman Bungkul Surabaya pernah menjadi Taman Terbaik Se - Asia melalui penghargaan Asian Townscape Awards (ATA) alias penghargaan taman terbaik se-Asia dari PBB. Penghargaan itu diberikan di Fukuoka, Jepang pada November 2013 lalu. Sebagai pusat hiburan Gratis dan Merakyat bagi Warga Surabaya, Taman ini juga dikenal sebagai Pusat Makanan Kaki Lima di Surabaya. Rawon, Rujak Cingur, Tahu Telor, hingga Semanggi yang menjadi Makanan Khas Surabaya, pastinya bisa kamu dapati di tempat ini.

7. Lokasi Kaki Lima – Malioboro, Yogyakarta



Masyarakat Yogyakarta yang terkenal ramah memang senang berkumpul, bahkan ada istilah yang digunakan oleh Masyarakat Yogyakarta dan Orang Jawa pada umumnya “Makan Ora Makan Sing Penting Kumpul” Dan hal ini bisa dilihat dari konsep tempat makanannya yang bisa dibilang Merakyat. Jl. Pangeran Mangkubumi hingga Malioboro merupakan  tempat yang tepat untuk mencoba Tempat Makanan Lesehan maupun Angkringan ala Kaki Lima. Makanan yang disajikan mulai dari makanan Berat Khas Yogyakarta, seperti Gudeng hingga Makanan ringan seperti Nasi Kucing, Mendoan dan para keluarganya. Dengan sajian Teh maupun Kopi hangat diiringi Lagu Yogyakarta milik Kla Project menambah lengkap suasana menikmati makan malam Kaki Lima di Kota Ini.

Sumber Foto : EatJogja.Com

8. Lokasi Kaki Lima – Semawis, Semarang




Semawis merupakan suatu kawasan pecinan di Kota Semarang yang pada malam hari sengaja ditutup bagi kendaraan bermotor untuk dijadikan tempat para penjual kaki lima berjualan aneka jenis kuliner dan jajanan. Kabarnya, Semawis ini diciptakan solidaritas masyarakat Tionghoa sebagai tujuan pariwisata. Adalah Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata atau biasa disebut dengan Kopi Semawis, sebuah komunitas masyarakat Tionghoa yang berada di Semarang yang berusaha mengangkat kebudayaan Pecinan. Oleh sebab itu, maka tempat ini dinamakan dengan sebutan “SEMAWIS” yang merupakan singkatan dari “Semarang Untuk Pariwisata”. Namun ada yang menyebutkan bahwa kata “Semawis” berasal dari Bahasa Jawa yang mengandung arti “tersedia”. Semawis yang terletak pada sebuah gang sepanjang 350 meter yang bernama Gang Warung pada komplek pecinan ini merupakan kawasan kuliner terpanjang di Semarang. Kompleks Pecinan Semarang, Semawis ini terletak tidak jauh dari Kota Lama dan Simpang Lima, Semarang. Untuk menuju lokasi kuliner ini dapat melalui dari Jl. Gajah Mada, Jl. Mataram ataupun dari Pasar Johar. Kompleks kuliner ini dapat dikunjungi hanya pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu malam mulai pukul 18.00 hingga sekitar pukul 23.00 WIB.


Beraneka jenis makanan dan minuman, baik Kuliner Khas Tionghoa maupun kuliner Khas Semarang dan Jawa Tengah tersedia di tempat ini. Makanan yang tersedia di sini antara lain seperti Nasi Campur Khas Tionghoa, Sate, Bubur Sumsum Lengkap (di Padang disebut ‘Bubur Kampiun’), Gudeg Koyor Khas Semarang, Nasi Ayam, Ayam Goreng Sambal Mangga, Bakmi, Kwetiau, Siomay, Lumpia dan masih banyak lagi. Makanan dengan Menu Melayu, India, Arab – Timur Tengah juga banyak dihidangkan di tempat ini.

Sumber :
https://alaminikita.wordpress.com/2011/10/12/semawis-pusat-jajanan-di-kawasan-pecinan-semarang/

9. Lokasi Kaki Lima – Jl. Surya Kencana, Bogor



Bogor yang notabane-nya dekat dengan Jakarta, juga banyak menyajikan Aneka Wisata Kuliner Yang Pasti Menggoda Lidah Kamu. Bukan hanya Asinan Bogor yang terkenal, tetapi juga Aneka Kuliner lainnya, baik itu Bakso, Bubur Ayam, Siomay, Cireng, Batagor hingga Laksa yang menjadi sajian Kuliner Lezat bagi kamu yang ingin berkunjung ke Kota ini. Sempatkanlah datang ke Jl. Surya Kencana Bogor. Di tempat ini kamu akan menikmati sajian kuliner tersebut ala Kaki Lima, dan tentunya dijamin nggak bakal nguras kocek kamu, saat incip Kuliner di Kota ini ! 



10. Lokasi Kaki Lima – Jl. Sabang, Jakarta



Traveler mana yang tidak mengenal Daerah Sabang di Jakarta Pusat. Jalan yang terkenal sebagai salah satu Daerah Backpacker di Indonesia ini juga dikenal akan jajanan kaki limanya yang super ramai dan variatif pada malam hari. Bahkan beberapa waktu lalu, ketika aksi Terorisme melanda Sarinah Thamrin, yang berdekatan dengan Jl. Sabang, daerah ini sama sekali tidak terpengaruh. Hampir semua jajanan kaki lima dapat ditemui di Jalan Sabang. Mulai dari nasi goreng, bubur, mie ayam, sate padang, sampai martabak, semua dapat dicoba di Jalan Sabang. Selain jajanan kaki lima, ada banyak tempat ngopi asyik di Jalan Sabang. Bagi Anda yang menggemari Bule, Jalan Sabang bisa dibilang seperti Kuta di Bali. Tidak kenal waktu, banyak bule yang sering seliweran di sini. Pastinya Kamu, Tidak perlu jauh-jauh ke Bali.


Sumber :
http://travel.detik.com/read/2015/10/15/081427/3044188/1519/nongkrong-sambil-wisata-kuliner-akhir-pekan-di-jakarta

Kembali : TERBAIK
Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Ensiklopedi Indonesia


Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>



Traveling Kita

Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Copyright ©2015 - 2017 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA