indonesaEnglish


Minggu, 18 Oktober 2015

Budaya Sulawesi Tenggara

Minggu, 18 Oktober 2015

1. Rumah Adat


Salah satu contoh rumah adat Sulawesi Tenggara disebut Istana Sultan Buton. Istana Sultan Buton disebut juga Malige. Bangunan tersebut tidak memakai paku dan merupakan rumah panggung. Ia terdiri dari 3 lantai. Lantai pertama tempat kediaman raja dan permaisuri, lantai kedua untuk tempat tinggal dan lantai ketiga tempat wanita salat. Pada kiri kanan lanta dua ada ruangan tempat semacam menenun kain yang disebut Bate. 

2. Seni Tradisional

Trai Balumpa - Sulawesi Tenggara

Tari Balumpa merupakan tari selamat datang dalam menyambut tamu agung. Tari rakyat ini berasal dari Buton.
Tari Dinggu melambangkan sifat kegotongroyongan dalam kerja bersama sewaktu menumbuk padi. Sentuhan alu pada lumbung merupakan irama tersendiri yang menyentuh hati.
Tari Molulo tarian yang indah danriang dari pergaulan muda mudi Sulawesi Tenggara.
Tari Motasu (berladang) diangkat dari tradisi masyarakat Tolaki di Kabupaten Kolaka dan Kendari. Keseluruhannya menggambarkan ungkapan permohonan kepada tuhan agar dalam berladang dapat perlindungan dan kelak dikaruniai hasil yang melimpah.

3. Senjata Tradional

Keris - Sulawesi Tenggara

Keris adalah senjata tradisional rakyat Sulawesi Tenggara/ bentuknya berlekuk lekuk seperti keris pada umumnya. Istana dan banteng kerajaan Sultan Buton sangat terkenal dalam sejarah perlawanan bersenjata menentang Belanda. Keris dan pedang dipakai untuk perang jarak dekat, sedangkan tombak, lembing dan sumpitan untuk perang jarak jauh. Sumber Foto : Wilwatika Majapahit Group and Community - Diambil dari facebook.com

























4. Pakaian Adat
 
Pakaian Adat Tradisional Suku Tolaki, merupakan Pakaian Adat Provinsi Sulawesi Tenggara, Prianya memakai pakaian adat berupa tutup kepala (destar), baju model jas tutup sarung sebatas dengkul dan celana panjang. Sedangkan wanitanya memakai baju kebaya. Diatas kepalanya terdapat hiasan kembang dan hiasan lainnya berupa anting anting, kalung, dan gelang. Pakaian adat ini berasal dari Kendari.




Suku Tolaki - Sulawesi Tenggara

5. Suku 
Mayoritas Penduduk di Provinsi Sulawesi Tenggara ditempati oleh  :
Suku Buton 23%, Suku Bugis 19%, Tolaki 16%, Muna 15%, dan lainnya 27% merupakan suku pendatang seperti Makasar, Mandar, Jawa dan Sunda. 

6. Bahasa
Pada umunya bahasa yang digunakan untuk penduduk di Sulawesi Tenggara adalah Bahasa Indonesia, sebagai bahasa pemersatu nasional.Selain itu terdapat beraneka bahasa daerah seperti : Bahasa Tolaki, Moronene, Mekongga, Wolio, Wanci Kaledupa, Binongko, Tomia, Cia –Cia yang dibawa oleh suku – suku yang ada di Sulawesi Tenggara.

7. Lagu Daerah
- Peia Tawa-Tawa
- Tana Wolio
- Wulele Sanggula
- Symponi Bahteramas


















ENSIKLOPEDI LAINNYA



Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2024 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA